Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 300 Buruh Sambangi Gedung DPRD Kutim

300 Buruh Sambangi Gedung DPRD Kutim

(2544 Views) Mei 2, 2017 4:33 pm | Published by | 218 Comments

Sangatta – Sebanyak tiga ratus buruh yang tergabung dalam Pesaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) menyambangi gedung DPRD, Selasa, 2 April. Kedatangan para buruh tersebut masih dalam rangka peringatan Hari Buruh “MeyDay 2017”, untuk menyampaikan aspirasi mereka mengenai permasalahan yang terjadi di perusahaan tempat mereka bekerja. Tiga ratus buruh yang berasal dari lima belas perusahaan tambang di Kabupaten Kutai Timur tersebut, hampir keseluruhan memiliki keluhan yang sama.

Lima permasalahan yang disampaikan para buruh tersebut meliputi, permasalahan perekrutan tenaga kerja melalui perusahaan penyedia tenaga kerja atau outsourcing, permasalahan kontrak kerja, upah di bawah Upah Minimum Sektor Kabupaten (UMSK), permasalahan perserikatan buruh di perusahaan dan pengajuan pengadilan PHI (Pengadilan Hubungan Industrial ) untuk Pemkab Kutim Kaltim.

Diterima langsung oleh ketua DPRD Kutai Timur, Mahyunadi, pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan antara DPRD Kutai Timur bersama dengan PPMI yang dibacakan oleh Mahyunadi yakni, pertama, semua pihak sepakat akan menindak lanjuti masalah outsorcsing di Kutai Timur, sepakat menindak lanjuti ketidakbenaran kontrak kerja yang melebihi aturan, sepakat akan membahas masalah UMK dan UMSK, sepakat menyelidiki masalah adanya kemungkinan kriminalisasi pekerja untuk berserikat, masing-masing pihak bertugas dan bertanggung jawab untuk mengumpulkan data-data pada pertemuan berikutnya, PPMI bertanggung jawab untuk membawa serikat pekerja pada pertemuan lainnya.

Kesepakatan tersebut ditandatangi oleh Ketua DPRD dan Ketua PPMI. Sedangkan pertemuan selanjutnya direncanakan akan dilakukan pada tanggal 22 Mei mendatang.

Usai menyampaikan aspirasi mereka di Gedung DPRD, para buruh melanjutkan konvoi menuju patung burung melalui Jalan Soekarno Hatta.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

218 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments