Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 35 Kasus Sengketa Lahan Ditangani Polres Kutim Hingga April 2016

35 Kasus Sengketa Lahan Ditangani Polres Kutim Hingga April 2016

(514 Views) Mei 12, 2016 1:29 pm | Published by | No comment

Sangatta. Walaupun masuk dalam unsur keperdataan, namun melalui Crisis Center Polres Kutai Timur tercatat sudah ada 35 kasus sengketa lahan yang masuk dan ditangani Polres Kutai Timur hingga bulan April tahun ini, untuk dilakukan mediasi maupun dilakukan pendampingan hingga menempuh jalur hukum ke meja hijau di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Aduan sengketa lahan ini mulai dari warga dengan sesama warga ataupun antara warga dengan pihak perusahaan, terutama perusahaan perkebunan.

Kapolres Kutai Timur AKBP Anang Triwidiandoko didampingi Kabag Ops Kompol Bambang Herkamto, mengatakan meski masuk dalam ranah keperdataan, namun kepolisian memiliki tanggungjawab untuk menjaga Harkamtibmas di Kutai Timur. Hal ini karena permasalahan keperdataan mampu mendatangkan konflik sosial dalam masyarakat. Dari 35 kasus sengketa lahan yang masuk tersebut, lebih didominasi aduan penyerobotan hak kepemilihan atas lahan dan lebih banyak merupakan sengketa antara warga masyarakat dengan pihak perusahaan.

Lanjutnya, sebagian besar permasalahan ini tidak sampai ke meja hijau di PTUN karena terlebih dahulu dapat diselesaikan melalui jalur mediasi yang dilakukan oleh Polres Kutim sebagai penengahnya. Namun tidak sediakit juga yang akhirnya harus lanjut ke meja hijau karena tidak menemui titik temu dan kata sepakat oleh kedua pihak yang bersengketa.

Lebih jauh dikatakan Kapolres Anang, dengan langkah pendampingan dan mediasi yang dilakukan melalui Crisis Center Polres Kutim terhadap setiap kasus keperdataan terutama sengketa lahan, hal ini diharapkan masyarakat yang sedang bersengketa jangan sampai mengambil langkah yang salah dan kontra produktif, yang akhirnya malah menjerumuskan masyarakat sendiri ke sebuah tindakan pidana. Tentunya hal tersebut akan semakin merugikan masyarakat itu sendiri.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments