Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » 38% Warga Kutai Timur Belum Terdaftar JKN-KIS

38% Warga Kutai Timur Belum Terdaftar JKN-KIS

(462 Views) April 5, 2018 4:57 pm | Published by | No comment

Pelaksanaan Sosialisasi JKN-KIS Sangatta Utara (Foto:KhusnulKhotimah)

Sangatta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Kutai Timur mencatat, setidaknya ada tiga puluh delapan persen warga di Kutai Timur belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, sementara terhitung 1 Januari 2019 mendatang, tingkat kepersertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS tersebut, harus sudah mencapai seratus persen sebagaimana, yang tertera pada Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 dan Undang-Undang No. 24 Tahun 2014 tentang BPJS.

Diketahui dari jumlah Empat Ratus Enam Belas Ribu Delapan Ratus penduduk di Kutai Timur baru Dua ratus enam Puluh Satu Ribu Delapan Ratus diantaranya, yang sudah menikmati layanan kesehatan tersebut. Sisany terdiri dari warga yang memang belum mendaftar dan warga yang tidak mampu. Untuk kepesertaan BPJS warga tidak mampu akan ditanggung pemerintah, namun jumlahnya memang masih bertahap.

Menurut Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kutai Timur, Nurlia Afyanti, baru sekitar enam puluh dua persen warga yang sudah terdaftar BPJS, untuk itu BPJS mendorong perwakilan masyarakat seperti Kepala Desa dan Ketua RT untuk menyampaikan kepada warganya agar mengikuti program tersebut. Karena berdasarkan aturan yang ditetapkan Pemerintah, tahun depan harus keseluruhan warga terdaftar, jika tidak maka akan ada sanksi yang diberikan

Lebih lanjut Nurlia menambahkan, sanksi diterapkan jika tidak terdaftar BPJS sampai akhir tahun yakni, untuk perusahaan yang tidak mendaftarkan karyawannya yakni diberi sanksi tidak diperpajangannya ijin perusahaan tersebut, sedangkan jika masyarakat yang tidak mendaftar, maka saksinya adalah terhambatnya pengurusan-pengurusan dokumen, seperti pembuatan atau perpanjangan SIM, perubahan data KTP maupun dokumen lain. Jadi setiap masyarakat yang akan mengurus dokumen akan ditanyakan kepesertaan BPJS.

voice : khusnul khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in: ,
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments