Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 39 peserta Ikuti Pelatihan Pengenalan Dasar Penanggulangan dan Penyelamatan Terhadap Bahaya Kebakaran

39 peserta Ikuti Pelatihan Pengenalan Dasar Penanggulangan dan Penyelamatan Terhadap Bahaya Kebakaran

(1024 Views) Juli 25, 2017 3:13 pm | Published by | 9 Comments


 Sangatta – Untuk mengisi kekurangan personil pemadam kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengadakan pelatihan dan pengenalan dasar penanggulangan dan penyelamatan terhadap bahaya kebakaran angkatan ke VII.

Upacara pembukaan pelatihan dan pengenalan dasar penanggulangan dan penyelamatan terhadap bahaya kebakaran angkatan ke VII tahun 2017, dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesta Mugeni, Selasa (25/7) di Halaman Kantor DPKP Kutim.

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 39 peserta, selama 4 hari yang dimulai Selasa (25/7) dan berakhir pada Jumat (28/7) mendatang.

Ditemui awak media, Kepala DPKP Rizali Hadi menjelaskan, kegiatan selama empat hari ini difokuskan dalam membangun anggota pemadam kebakaran di kecamatan-kecamatan terutama untuk perencanaan mengisi calon-calon tenaga terampil pemadam di Muara Bengkal. Kemudian tenaga kerja kontrak di Muara Ancalong juga masih kekurangan.

Lebih lanjut Rizal menambahkan, dari sisi kuantitasnya DPKP Kutim telah terpenuhi. Namun, sekarang dalam upaya meningkatkan sisi kualitasnya. Karena personil pemadam  harus menjadi seorang pemadam yang handal dan profesional.

Disamping itu, DPKP juga ingin melihat kesiapan fisik kesiapan fisik dan mentalnya pasalnya ini penting sebagai seorang pemadam dituntut serius dalam bekerja tidak boleh main-main ataupun mengeluh ketika terjadi insiden sudah siap dalam menghadapi segala konsekuensi dan bahaya.

Dengan alasan apapun itu, tidak boleh terjadi dari sisi fisik, sedangkan dari sisi mental, ketika terjadi kebakaran besar justru calon tenaga pemadam malah kabur ini fatal. Harus menjunjung tinggi slogan pejuang pemadam yaitu pantang pulang sebelum padam, ada jiwa Korsa di tubuhnya.

Insert : Rizali Hadi (Kepala DPKP Kutim)

Selama pelatihan, peserta dilatih sejumlah pengajar instruktur mulai dari TNI seperti dari Kodim 0909/SGT, Lanal Sangatta, Basarnas menjadikan kerja sama yang sudah terjalin baik dalam upaya pencegahan dan penyelamatan musibah kebakaran.

Voice Report : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

9 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments