Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 41 Bank Sampah Kutim Untuk Kurangi Volume Sampah

41 Bank Sampah Kutim Untuk Kurangi Volume Sampah

(17768 Views) Mei 15, 2017 3:39 pm | Published by | No comment

Sangatta – Demi mungurangi jumlah sampah yang dibuang setiap harinya, Bank Sampah Kutai Timur telah membentuk empat puluh satu bank sampah di dua kecamatan di Kutai Timur. Ke empat puluh satu bank sampah tersebut dibentuk di sekolah, pasar dan rumah sakit di Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan.

Sitem yang dijalankan bank sampah yakni dengan mengajak masyarakat memilah sampah yang dapat di daur ulang kembali sehingga sampah yang terbuang benar-benar sampah yang sudah tidak dapat diolah. Sampah yang dapat dijual di bank yakni sampah plastic, kardus dan kertas sementara untuk sampah organic kedepannya juga akan masuk daftar pembelian bank sampah namun masih menunggu peralatan yang dapat mengolahnya.

Pembayaran sampah yang dibeli bank sampah di bayarkan selama enam bulan sekali, setiap masyarakat yang menyetorkan sampah akan di catat dalam buku bank yang selanjutnya akan dijumlah per enam bulan. Untuk sampah dihargai dari empat ratus rupiah sampai dengan seribu lima ratus rupiah perkilonya tergantung jenisnya.

Ketua tim Pembina Bank sampah Kutai Timur, Heni Apriani ditemui dalam kegitan coffee morning, Senin 16 Mei mengatakan, masyarakat diajak untuk memilah sampah untuk dijual ke bank sampah. Untuk sampah organic karena belum bisa terolah maka akan diberikan pelatihan ke masyarakat untuk membuat pupuk di rumah masing-masing, dengan pemilahan tersebut hanya jenis sampah residu yang tidak dapat didaur ulang saja yang dibuang di pembuangan akhir sehingga volume sampah akan berkurang.

Meski baru terbentuk sejak 21 Februari lalu di dua kecamatan, namun kedepannya bank sampah akan dibentuk di seluruh kecamatan di Kutai Timur.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments