Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 55 ribu Warga Kutim Belum Miliki Elektronik KTP

55 ribu Warga Kutim Belum Miliki Elektronik KTP

(1876 Views) Agustus 24, 2016 10:09 am | Published by | No comment

Sangatta. Pertumbuhan penduduk Kutai Timur yang dinamis dan cenderung terus meningkat, ternyata tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat dalam melengkapi data administrasi kependudukan mereka. Hal ini dibuktikan dari data terakhir jumlah penduduk Kutai Timur per Agustus 2016 sebanyak 413.508 jiwa, masih lebih dari 55.505 masyarakat yang belum memiliki dan melalukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kutai Timur, Januar Harlian Putra Lembang Alam, saat ini masih ada lebih dari 55 ribu warga yang bermukim di Kutai Timur belum memiliki KTP dan melakukan perekaman E-KTP. Mereka kebanyakan pendatang dan posisinya menyebar di Kutai Timur. Namun terbesar berada di Kota Sangatta yakni sebanyak 25.356 jiwa. Sementara sisanya berada di Kecamatan Sangatta Selatan, Bengalon dan Muara Wahau.

Dijelaskan, dari jumlah yang belum memiliki KTP elektronik ini, kebanyakan adalah mereka yang datang ke Kutim masih berusia 16 tahun pada setahun yang lalu dan kini otomatis karena sudah berusia 17 tahun maka sudah masuk dalam umur wajib KTP. Namun kemungkinan keengganan warga untuk melakukan perekaman KTP karena merasa belum memiliki urusan yang harus menggunakan KTP elektronik. Sehingga dirinya yakin jika yang bersangkutan suatu saat tetap akan melakukan perekaman KTP elektronik.

(Voice )

Lebih jauh dikatakan Januar, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kewajiban melakukan perekaman KTP elektronik. Mulai dari pihak kecamatan yang diikut sertakan dalam sosialisasi ini hingga mengajak para ketua RT untuk melakukan pendataan jumlah pendatang dan masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah mereka. Sementara itu, perekaman KTP elektronik tidak harus dilakukan di kantor Disdukcapil Kutim tetapi dapat dilakukan di masing-masing kantor kecamatan di wilayah mereka tinggal.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments