Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 6 Pelajar Sangatta Curi 7 Motor Matic

6 Pelajar Sangatta Curi 7 Motor Matic

(983 Views) Februari 11, 2017 1:36 pm | Published by | No comment

73974587628-maling_motor

Sangatta – Enam pelajar tingkat SMP dan SMA di Sangatta, berhasil diringkus oleh jajaran Polres Kutim, setelah kedapatan menggasak 7 motor milik warga. Hingga ketujunya pun, terancam kurungan 5 tahun penjara.

Tujuh motor jenis matic, berhasil diamankan oleh jajaran Reskrim Polres Kutai Timur, dari lima tempat kejadian perkara yang berbeda Di Kecamatan Sangatta Utara. Diketahui, ketujuh motor tersebut merupakan hasil curian 5 pelajar SMP dan satu pelajar SMA di Sangatta. Keenamnya yakni, MM (14 tahun) DC (15 tahun) HD dan AS (16 tahun) DA (17 tahun) serta WH (15 tahun).

Menurut keterangan Kasat Reskrim Polres Kutim, AKP Andika Dharma Sena, tertangkapnya kelompok pencuri kelas pelajar tersebut, berawal dari banyaknya laporan masyarakat yang motornya hilang. Reskrim pun melakukan penyelidikan, terungkapnya kelompok tersebut berawal dari berhasilnya mengamankan MM di Gang Durian. Dari MM kemudian dilakukanlah pengembangan hingga tertangkapnya 5 pelaku lain, yang merupakan teman satu permainan.

Dari pengembangan sementara, modus mencuri hanya lantaran ingin memiliki kendaraan untuk digunakan sehari-hari. Ini diperkuat dengan tidak adanya transaksi jual beli pasca pencurian, maupun kendaraan yang dibongkar atau dimodifikasi, untuk balapan. Dalam menjalankan aksinya, seluruh pelaku tidak menggunakna kunci tertentu, malainkan selalu berdua dengan cara mendorong kendaraan. Keahlian ke 6 pelajar tersebut diperoleh dalam beberapa bulan belakangan, dengan salah satu otak pelaku yang sering berurusan dengan polisi

Insert : AKP Andika Dharma Sena (Kasat Reskrim Polres Kutim)

Keenam pelaku, kini masih dilakukan pemeriksaan dengan didampingi oleh Dinas Perlindungan Anak, dan diminta membuat surat keterangna tidak akan mengulang perbuatan kembali. Sementara itu, seluruh keluarga pelaku dipanggil untuk diberikan pengarahan.

Seluruh pelaku, dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman diatas lima tahun penjara. Lantaran mayoritas pelaku merupakan pelajar kelas 3 SMP yang akan menempun ujian, maka pihak Kepolisian akan berkoordinasi dengan Balai Pemasyarakatan, apakah akan dilakukan diversi atau tidak.

Voice : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments