Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 70 Hektar Lahan Kumuh Sangatta Segera DiBenahi

70 Hektar Lahan Kumuh Sangatta Segera DiBenahi

(2072 Views) Desember 18, 2015 6:20 am | Published by | 30 Comments

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur bekerjasama dengan Pemprov Kaltim dan Kementrian Pekerjaan Umum akan segera melakukan pembenahan terhadap kawasan kumuh yang ada di Kota Sangatta. Sebagai projek awal, kawasan padat penduduk yang akan mulai dibenahi adalah kawasan Gang Durian Sangatta Utara dan wilayah pasar Sangatta Selatan. Demikian diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur Suprihanto didampingi Kabid Fisik dan Sarana Sumarjana.

Kepada awak media, dijelaskan dengan bertambah dan berkembangnya pemukiman penduduk di kota Sangatta, beberapa wilayah kini sudah dianggap sebagai kawasan kumuh terutama wilayah yang berada di sepanjang bantaran Sungai Sangatta. Melalui program penanganan pemukiman kumuh yang difasilitasi Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Kaltim, pemkab Kutim dan Pemprov Kaltim akan melakukan pembenahan pada kawasan bantaran Sungai Sangatta terutama yang ada di wilayah Gang Durian Sangatta Utara dan Kawasan Pasar Sangatta Selatan. Tak tanggung-tanggung, luas kawasan yang akan digarap mencapai 70 hektar, mencakup di dua wilayah tersebut.

Tambah Sumarjana, pada tahun ini perencanaan program ini akan segera dirampungkan. Sedangkan pengerjaan fisik akan mulai dilaksanakan pada 2016 mendatang dengan mulai melakukan pembuatan jalan dan drainase di kedua wilayah ini. Selanjutnya program ini akan terus dilanjutkan secara bertahap pada 2017 mendatang dengan melakukan pembenahan sanitasi dan air bersih.

Sudah barang tentu, program besar ini harus mendapat dukungan penuh dan peran serta masyarakat setempat. Karena tentunya tidak mungkin program penangan kawasan kumuh perkotaan ini bisa dilaksanakan jika ada penolakan dari masyarakat setempat. Sedangkan saat ini, pemerintah sudah membuat tim-tim kecil untuk melakukan pendekatan kepada tokoh-tokoh masyarakat yang ada di kedua wilayah tersebut, agar program ini bisa direalisasikan.

(voice)

Terkait anggaran, Sumarjana mengatakan tidak menutup kemungkinan asumsi pembiayaan sebesar Rp 150 miliar bisa saja dihabiskan dalam program ini. bahkan jika harus melakukan relokasi penduduk yang berada di sepanjang bantaran sungai Sangatta, maka kemungkinan pembiayaan akan semakin membengkak.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

30 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments