Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 4 Hari Berjalan, Operasi Patuh 2016 Tindak 180 Pelanggar Lalu Lintas di Sangatta

4 Hari Berjalan, Operasi Patuh 2016 Tindak 180 Pelanggar Lalu Lintas di Sangatta

(432 Views) Mei 20, 2016 2:51 am | Published by | 2 Comments

Sangatta. Memasuki hari ke lima pelaksanaan Operasi Patuh 2016, sebanyak 180 pelanggar lalu lintas di Kota Sangatta telah mendapatkan sanksi. Pemberian sanksi ini diakibatkan beragam pelanggaran yang dilakukan pengendara bermotor. Mulai dari tidak menggunakan helm sebagai pelindung kepala, ada juga yang tidak melengkapi surat menyurat dalam berkendara, serti tidak membawa SIM atau STNK. Selain itu juga adanya pelanggaran nyata seperti mengendarai kendaraan dengan melawan arus.

Kapolres Kutai Timur AKBP Rino Eko didampingi Kasat Lantas AKP Ramadhanil, menjelaskan sejak dimulai pada, Senin (16/5) lalu dan baru berakhir pada 29 Mei mendatang, selama 4 hari berjalan ada sebanyak 180 pelanggar lalu lintas yang telah ditertibkan dan diberikan sanksi penindakan. Sebanyak 165 pengendara diberikan sanksi tilang sedangkan 15 pengendara hanya diberikan sanksi berupa teguran. Sementara pelanggar lalu lintas masih didominasi oleh pengendara roda 2 (R2). Bahkan dalam operasi patuh kali ini, penertiban tidak hanya dilakukan pada masyarakat umum tetapi juga kepada anggota Polri sendiri. Tercatat ada 9 anggota Polisi dari Polres Kutim yang dikenakan sanksi tilang akibat berkendara tanpa kelengkapan surat menyurat terutama tidak membawa SIM dengan alasan lupa.

Dijelaskan AKP Ramadhanil, berbeda dengan operasi simpati yang hanya melakukan teguran dan sosialisasi agar pengendara lebih tertib dalam berlalu lintas, operasi patuh lebih menekankan pada upaya penindakan. Dalam operasi ini diprioritaskan penertiban dilakukan pada kawasan tertib lalu lintas (KTL). Namun Satlantas Kutim juga menyasar ke beberapa kawasan yang jarang dijamah polisi lalu lintas dan kerap terjadi pelanggaran lalu lintas. Seperti kawasan Jalan Pendidikan, kawasan Bukit Pelangi dan Jalan Inpres, Sangatta. Di wilayah ini kerap terjadi pelanggaran nyata yang dilakukan pengendara bermotor, seperti tidak menggunakan helm dan melawan arus.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments