Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Agustus Mutasi, BKD Kutim Siapkan Tim Pansel Uji Kompetensi Pejabat Esselon

Agustus Mutasi, BKD Kutim Siapkan Tim Pansel Uji Kompetensi Pejabat Esselon

(998 Views) Februari 10, 2016 9:18 am | Published by | No comment

Sangatta. Jika resmi dilantik pada 17 Pebruari 2016 mendatang, otomatis Bupati Kutai Timur Ismunandar, memiliki hak prerogatif untuk melakukan mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Kutim. Namun sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), hak prerogatif kepala daerah ini baru bisa dilakukan 6 bulan usai dilantik. Sehingga diperkirakan roda mutasi di lingkungan Pemkab Kutim baru bergulir di pertengahan bulan Agustus, mendatang.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kutai Timur, M Yusufsyah mengatakan bahwa saat ini BKD Kutim tengah mempersiapkan pembentukan panitia seleksi (Pansel) yang akan melaksanakan uji kompetensi terhadap calon pejabat esselon di lingkungan Pemkab Kutim. Pansel ini bisa berjumlah 5 hingga 9 orang yang terdiri dari tenaga akademisi, Tokoh Masyarakat, unsur LSM dan Birokrasi atau unsur pemerintahan. Unsur tim pansel ini akan diajukan kepada Bupati nantinya, untuk kemudian disetujui menjadi tim seleksi uji kompetensi calon pejabat esselon Pemkab Kutim.

Lanjut Yusuf, tim ini nantinya akan menguji dan melakukan skoring atau penilaian terhadap kompetensi bidang, sikap, perilaku dan kelayakan terhadap personal calon pejabat yang akan menduduki kursi esselon, mulai esselon 4 hingga esselon 2. Nama-nama yang telah di skoring tersebut nantinya akan diajukan kepada Bupati untuk dipertimbangkan dan dipilih menduduki posisi jabatan di lingkungan Pemkab Kutim.

Dikatakan, hingga saat ini diketahui akan ada 5 kursi posisi pejabat esselon 2 Kutim yang akan kosong karena sudah memasuki masa pensiun pada tahun ini. Yakni, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Pertambangan, Dinas Sosial dan BKD Kutim sendiri. Sementara terkait posisi Sekertaris Daerah (Sekda) Kutim yang juga masih dijabat pelaksana tugas (Plt), Yusuf mengatakan akan mengikuti pola seleksi serupa dengan pejabat esselon lainnya. Namun yang membedakan hanya unsur Birokrasi atau pemerintahan dalam tim seleksi nantinya akan diisi oleh pejabat dengan tingkatan Esselon II-A yang sama dengan posisi Sekda yakni pejabat dari Provinsi Kaltim.

(voice)

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments