Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Akhirnya Masalah Listrik PIS Dapat Kejelasan, Pemkab Kutim Janji Segera Tindak Lanjut

Akhirnya Masalah Listrik PIS Dapat Kejelasan, Pemkab Kutim Janji Segera Tindak Lanjut

(1467 Views) Februari 21, 2017 10:41 am | Published by | 31 Comments

Sangatta – Masalah listrik di Pasar Induk Sangatta (PIS) yang padam sejak sebulan terakhir, akhirnya mendapat kejelasan. Pada Cofee Morning, Senin (20/2) kemarin, Seperti disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperndag) Kutai Timur (Kutim) Edward Azran, bahwa dalam waktu beberapa hari kedepan, pihaknya akan segera menghidupkan kembali listrik yang sangat dibutuhkan pedagang.

Dia menerangkan ada beberapa permasalahan yang menyebabkan listrik di PIS padam. Pertama, karena masalah subsidi yang dialokasikan Pemerintah terkena imbas pemangkasan diakhir tahun akibat defisit anggaran. Sehingga, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar, tidak dapat mengalokasikan anggaran operasional untuk listrik di PIS.

Edward menambahkan, masalah lainnya karena beban pemakaian listrik oleh pedagang yang tidak terkontrol. Sehingga listrik yang masuk di PIS langsung terhubung dengan 136 kios pedangang. Akibatnya, pemakaian tidak berimbang dengan kemampuan daya yang dimiliki.

Dia juga berharap, pemerintah dapat menambah dana subsidi untuk kebutuhan listrik pasar. Sebab, tahun ini yang disetujui hanya Rp 1,2 miliar. Sementara yang dibutuhkan untuk subsidi listrik selama satu tahun berkisar antara Rp 2 hingga Rp 3 miliar pertahun.

Sementara itu, Bupati Kutim Ismunandar berharap agar persoalan terkait masalah listrik di PIS dapat segera diatasi. Sehingga baik pedagang maupun masyarakat yang berkunjung di pasar tersebut merasa nyaman.

Sebelumnya, sejumlah pedagang di PIS Jalan Ilham Maulana mengeluh, lantaran listrik yang terus padam sejak sebulan terakhir. Akibatnya, omset yang diterima pedagang terus menurun. Selain itu, pedagang juga merugi hingga jutaan rupiah. Lantaran, banyak barang dagangannya yang rusak akibat tidak dapat disimpan dalam lemari pendingin.

Voice : Repoter RPD Kutim/Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

31 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments