Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Akibat Buruknya Kualitas Udara, 256 Balita dan Anak-anak di Kecamatan Sangatta Utara Terserang ISPA

Akibat Buruknya Kualitas Udara, 256 Balita dan Anak-anak di Kecamatan Sangatta Utara Terserang ISPA

(576 Views) Oktober 21, 2015 12:30 pm | Published by | No comment

Sangatta. Dampak kabut asap yang dalam beberapa bulan terus menyelimuti Kabupaten Kutai Timur, kini mulai berimbas pada buruknya kondisi kesehatan. Hal ini diketahui dari data yang dirilis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sangatta Utara, diketahui dalam kurun dua bulan terakhir yakni Agustur hingga September 2015 tercatat sedikitnya ada 256 penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Yang cukup memprihatikan lagi, keseluruhannnya adalah anak-anak.

Menurut Plt Kepala UPT Puskesmas Sangatta Utara Mariani Karim didampingi Koordinator Sistem Pengelola Laporan Terpadu (SP2TP) Dewi Setia Wati, terjadi penigkatan drastis penderita gangguan pernafasan khususnya ISPA akibat polusi kabut asap akhir-akhir ini. ironisnya gangguan kesehatan ini menyerang kalangan balita dan anak-anak yang memang sangat rentan dan peka terhadap kondisi udara yang tercemar.

Dirinya merincikan penderita ISPA di Kecamatan Sangatta Utara berada di kisaran umur 29 hari hingga 6 tahun. Untuk umur 29 hari hingga 1 tahun terdapat 1 orang, umur 1 tahun hingga 4 tahun ada 226 anak dan umur 5 hingga 6 tahun terdapat 29 anak. Hal ini dikarenakan, terkadang orang tua membiarkan anak-anaknya bermain diluar rumah atau membawa anak-anak mereka berjalan-jalan tanpa menggunakan masker. Padahal partikel udara yang ada saat ini terpapar karbon yang cukup tinggi, ditambah lagi polusi udara akibat hasil pembakaran kendaraan dan debu tambang, menyebabkan semakin buruknya kualitas udara kota Sangatta.

(voice)

Lebih jauh dikatakan, para orang tua harus peduli terhadap kondisi kesehatan anak. Jangan membiarkan anak-anak mereka beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan masker. Sementara jika kondisi kabut asap di Kutim tidak kunjung reda maka diperkirakan terus adanya peningkatan pasien penderita ISPA di Kota Sangatta dan Kutai Timur pada umumnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments