Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Aksi Donor Darah Semarakkan HUT RI Isi Kemerdekaan Dan Wujud Kepedulian

Aksi Donor Darah Semarakkan HUT RI Isi Kemerdekaan Dan Wujud Kepedulian

(600 Views) Agustus 18, 2015 1:06 pm | Published by | No comment

 SANGATTA – Semangat mengisi kemerdekaan diimplementasikan oleh Pemkab Kutim dengan menyelenggarakan aksi sosial donor darah. Kegiatan yang melibatkan pejabat dan masyarakat ini diprakarsai oleh Bagian Pengembangan Masyarakat bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kutim dan Klinic Sekretariat Kabupaten. Dilaksanakan di Ruang Meranti, Kantor Bupati, usai rampungnya rangkaian Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Senin kemarin. Kepala Bagian Pengembangan Masyarakat Mardiani mengatakan aksi donor darah sengaja dilakukan sebagai wujud kepedulian kepada sesame sekaligus membantu PMI dalam menyediakan kebutuhan darah bagi warga. “Selain menyemarakkan HUT RI, kami (panitia) berusaha memberikan wadah bagi masyarakat untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama,” kata Mardiani.

Kegiatan dimaksud mendapat sambutan antusias dari para peserta upacara hari itu. Usai mengikuti kegiatan upacara HUT RI, para peserta banyak yang langsung melakukan pengecekan kesehatan, untuk kemudian mendonorkan darahnya. Namun tidak semua peserta bisa diambil darahnya. Hanya peserta yang memenuhi persyaratan dapat mendonorkan darah. Yakni berumur antara 17 sampai 50 tahun, mempunyai berat minimal 45 kg, suhu badan 35,6 sampai 37,5 mmhg, diastole 70 sampai 100 mmhg. Berikutnya mempunyai deyut nadi yang teratur berkisar 50 sampai 100 kali meat, hemoglobin baik pria maupun wanita minimal 12,5 gram, jarak penyumbangan darah sekurang-kurangnya tiga bulan. Mardiani berharap kegiatan donor darah kali ini mampu menumbuhkan rasa solidaritas dan kebersamaan dalam membantu serta menolong orang lain. “Karena setetes darah dari para pendonor sangat berharga. Semoga kita semua yang telah berniat mendonorkan darah mendapatkan ganjaran dari Allah SWT,” ujar Mardiani Kegiatan donor darah tersebut juga di ikuti isteri Bupati Kutim Hj Siti Robiah Ardiansyah, para pejabat eselon II, III dan IV. Anggota TNI dan Polri. Periska KPC, pelajar, karyawan swasta dan masyarakat umum lainnya. Setyadi Halim, salah seorang dokter yang membantu kelancaran donor darah hari itu mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya donor darah, namun juga dilakukan pemeriksaan darah. Seperti pemeriksaan glukosa darah, glukosa darah puasa, glukosa darah 2 jam setelah makan, kolestrol, asam urat serta tekanan darah. ”Kegiatan social ini melibatkan 5 dokter dan 7 perawat. Dibantu tim pendukung lainnya,” sebut Setyadi.

donor darah (1)Dijelaskan olehnya, untuk kegiatan dimaksud panitia telah menyiapkan 100 kantong darah kosong. Namun setelah dilakukan pemeriksaan dan menyeleksi pendonor hingga selesai kegiatan, panitia hanya dapat mengumpulkan sebanyak 40 kantor darah saja. Sekedar diketahui ternyata ada mampaat kesehatan lain yang bisa di rasakan oleh si pendonor dan penerima darah. Jadi apabila ada orang yang menyatakan donor darah bisa mengakibatkan hal negative terhadap kesehatan adalah pernyataan yang salah. Bagi penerima donor bermanfaat memberikan kesehatan, menyelamatkan nyawa, menyembuhkan penyakit yang diderita. Sebab satu kantong darah dapat menyelamatkan tiga nyawa. Sementara bagi pendonor mendapat manfaat dalam bentuk kepedulian antar umat manusia, dapat membantu menurunkan berat badan, membantu membakar kalori, deteksi dini resiko kesehatan. Melindungi jantung, mencegah stroke, mencegah resiko kesehatan. Selanjutnya dapat mengatur kontrol kesehatan, memperbaharui sel darah, mengurangi kelebihan zat besi, meningkatkan sel darah merah, meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal, meningkatkan kesehatan psikologis, membantu sirkulasi darah, memaksimalkan darah dalam paru-paru. Menurunkan zat seng dalam darah, mencegah penyakit langka, menghilangkan kaku di pundak serta mengetahui tipe darah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments