Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Antisipasi Kebakaran, Warga dan Kantor Dihimbau Lakukan Peremajaan Instalasi Listrik

Antisipasi Kebakaran, Warga dan Kantor Dihimbau Lakukan Peremajaan Instalasi Listrik

(532 Views) April 20, 2015 8:49 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Plt Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman meminta kepada UPT Petugas Pemadam Kebakaran (PPK) Sangatta agar berkoordinasi dengan PLN cabang Sangatta untuk melakukan peremajaan jaringan instalasi listrik perkantoran pemerintah yang ada di Sangatta, terutama terhadap beberapa kantor yang memang sudah berusia lanjut. Selain perkantoran pemerintah. Ardiansyah juga menghimbau kepada masyarakat Kutim untuk melakukan peremajaan jaringan instalasi listrik yang ada di rumah warga. Hal ini semata-mata untuk menc egah terjadinya musibah kebakaran yang kebanyakan penyebabnya adalah konsleting akibat tuanya instalasi listrik yang ada.

Menurut Ardiansyah, berkaca dari musibah kebakaran yang menimpa bekas kantor DPRD Kutim, sabtu (18/4) lalu, tentunya peremajaan instalasi listrik dianggap sangat penting. Peremajaan jaringan biasanya harus dilakukan bagi rumah atau perkantoran yang memiliki instalasi listrik berumur diatas lima tahun. Walaupun memakan biaya yang terbilang lumayan, namun jika tidak dilakukan dan kemudian menjadi penyebab terjadinya kebakaran, tentu yang dirugikan adalah masyarakat sendiri dan kerugian yang ditimbulkannya pasti jauh lebih besar dari biaya peremajaan instalasi listrik tersebut.

(voice)

Sementara itu, Kepala UPT PPK Sangatta, Failu, mengatakan bahwa pihaknya sudah pernah bersurat kepada PLN Sangatta untuk membantu dalam pengecekan dan peremajaan jaringan listrik baik terhadap perkantoran pemerintah di Sangatta, maupun terhadap rumah-rumah warga. Namun akibat pergantian manajemen, maka komunikasi yang sudah terjalin sebelumnya pun terputus. Namun pihaknya akan kembali melakukan koordinasi kepada PLN Sangatta perihal instruksi Plt Bupati Kutim tersebut.

(voice)

Diakui Failu, beberapa Dinas dan Instansi pemerintah di Kutim memang sebagian masih ada yang memanfaatkan bangunan-bangunan lama untuk berkantor, seperti Badan Diklat yang merupakan bekas kantor Bupati Kutim, Sekertariat KORPRI dan Puskesmas Sangatta Utara yang masih memanfaatkan bangunan bekas RSUD Sangatta dan masih banyak lagi. Tentunya bangunan tersebut masih menggunakan instalasi listrik peninggalan kantor sebelumnya yang sudah cukup tua dan pasti rawan kebakaran karena seluruh bangunan terbuat dari kayu.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments