Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » APBD-P Belum Diketuk, Pemkab Kutim Tak Bisa Transfer Dana Desa Tahap II

APBD-P Belum Diketuk, Pemkab Kutim Tak Bisa Transfer Dana Desa Tahap II

(513 Views) September 27, 2015 3:27 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur ternyata hingga kini belum bisa mentransfer Dana Desa tahap II dengan nilai lebih dari Rp26 miliar ke rekening desa. Hal ini diakui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutai Timur Erlyan Noor.

Dijelaskan, di tahun ini pada awalnya Pemkab Kutim mendapatkan alokasi dana desa dari APBN sebesar Rp24 Miliar dan nilai ini langsung dimasukkan dalam batang tubuh APBD murni Kutim. Namun ternyata ada kenaikan menjadi Rp40,700 juta (Empat Puluh Miliar Tujuh Ratus Juta Rupiah), sehingga penambahan ini baru bisa dimasukkan ke dalam APBD Perubahan 2015.

Pencairan tahap I sebesar Rp14 miliar telah dilakukan dan tinggal menunggu pencairan tahap II saja sebesar  Rp26.700 juta (Dua Puluh Enam Miliar Tujuh Ratus Juta Rupiah). Keterlambatan pencairan ini ini dikarenakan kekurangan jumlah transfer dana dari Pemerintah Pusat. Kini rata-rata setiap desa di Kutim mendapatkan alokasi dana desa dari APBN sebesar Rp300 juta dan rencananya tahun depan akan meningkat menjadi Rp600 juta per desa.

(voice)

Ditambahkan Erlyan, untuk nilai alokasi dana desa (ADD) dari Pemkab Kutim melalui APBD II sebesar Rp102 miliar yang dibagikan kepada 133 desa di Kutim. Dari nilai tersebut 60 persen dibagi secara merata dan 40 persen dibagi secara proporsional, sehingga ada desa yang mendapatkan alokasi Rp1,4 miliar dan ada yang hanya berkisar Rp700 juta. Diharapkan dana besar ini benar-benar dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk pembangunan desa sesuai RPJMDesa dan APBDes, yakni  70 persen untuk pembangunan dan 30 persennya untuk kegiatan operasional desa.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments