Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Atasi Kemarau dan Banjir, BNPB Sarankan Pemkab Kutai Timur Buat Bendungan di TNK    

Atasi Kemarau dan Banjir, BNPB Sarankan Pemkab Kutai Timur Buat Bendungan di TNK    

(1359 Views) Agustus 3, 2015 12:02 pm | Published by | 31 Comments

Sangatta. Musim kemarau panjang yang melanda diseluruh daerah di Indonesia hampir sebulan ini tak terkecuali di Kutai Timur, cukup membuat masyarakat resah. Pasalnya akibat kemarau, suplay air bersih yang biasanya lancar kerumah-rumah warga kini dilakukan secara bergiliran selama 3 minggu terakhir. Bahkan akibat menurunnya debit air Sungai Sangatta yang cukup ekstrim, PDAM Sangatta terpaksa menurunkan kapasitas produksinya menjadi 100 liter per detik yang biasanya 230 liter per detik. Hal ini menyebabkan warga-warga yang tinggal di pelosok gang-gang akhirnya tidak mendapatkan jatah air bersih karena selain jauh dari pipa induk juga kebanyakan warga menggunakan mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

Menurut Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, permasalahan kekurangan air akibat musim kemarau seharusnya menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat Kutai Timur dan Sangatta pada khususnya. Karena jika musim penghujan tiba, masyarakat pun juga merasakan hal sebaliknya yakni melimpahnya air hingga menyebabkan banjir di sebagian daerah.

Untuk mengatasi permasalahan kekeringan dan banjir yang sering melanda Kutai Timur khususnya Sangatta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat sudah memberikan saran kepada Pemkab Kutim yakni dengan membangun bendungan yang dibangun di kawasan  Taman Nasional Kutai (TNK). Hal inilah yang menyebabkan dirinya, menghadap ke Kementrian Kehutanan beberapa waktu yang lalu untuk menggolkan alih fungsi kawasan atau enclave sebagian TNK, agar proyek pembangunan bendungan ini dapat direalisasikan, ujar Ardiansyah.

Lebih jauh Ardiansyah mengatakan, dengan clear-nya permasalahan enclave TNK ini maka pembangunan bendungan tersebut dapat dilakukan segera. Minimal pada anggaran tambahan tahun ini Dinas PU Kutim sudah bisa membuat perencanaan baik uji kelayakan dan sebagainya hingga desain bendungannya, dan proyek pembuatan bendungan ini dapat dilaksanakan pada awal tahun depan.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

31 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments