Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Atasi Masalah Tangkapan Air, PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Ajukan Pembuatan Dermaga Intake

Atasi Masalah Tangkapan Air, PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Ajukan Pembuatan Dermaga Intake

(576 Views) September 29, 2015 8:02 am | Published by | No comment

Sangatta. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Kutai Timur kini sedang meramu bagaimana mengatasi permasalahan kekurangan asupan air baku saat kemarau melanda atau ketika  Sungai Sangatta sebagai satu-satu sumber air, berkurang debitnya.

 

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni didampingi Kabid Teknik Zainuddin, mengatakan sesuai perencanaan yang disusun, tahun ini PDAM menargetkan peningkatan jumlah produksi menjadi 350 liter per detik, namun hingga saat ini PDAM baru bisa menghasilkan 230 liter per detik. Sementara jumlah pelanggan dan penduduk Sangatta terus bertambah, sehingga PDAM pun kewalahan.

 

Lanjutnya, selama ini PDAM Kutim hanya berharap dari 2 pintu intake yang ada di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kabo untuk melakukan tangkapan air. Namun kedua pintu intake ini ternyata tidak memberikan solusi saat air Sungai Sangatta mengalami penurunan debit terutama di musim kemarau, seperti saat ini. Ketika musim penghujan tangkapan pintu intake ini akan sangat maksimal, namun saat musim kemarau tiba muara pintu intake akan dipenuhi lumpur sehingga menghalangi masuknya air.

 

Dikatakan Zainuddin, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, PDAM Kutim sudah mengajukan usulan pembuatan dermaga intake, yang menyerupai dengan intake milik PT Kaltim Prima Coal (KPC). Dermaga ini diusulkan pembangunannya seiring dengan rencana peningkatan kapasitas pengolahan air IPA Kabo sebesar 2 x 250 liter per detik di tahun depan, yang akan menghabiskan anggaran sebesar Rp70 miliar rupiah. Dengan adanya dermaga intake ini diharapkan mampu memecahkan permasalahan tangkapan air di IPA Kabo terutama saat musim kemarau. Karena walaupun debit air Sungai sedang turun, dermaga ini akan tetap dapat menyedot air untuk diolah di IPA Kabo.

 
(voice)
 
 
Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments