Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Awali Pelaksanaan Pelas Tanah III, Bupati Jalani Tradisi Beluluh

Awali Pelaksanaan Pelas Tanah III, Bupati Jalani Tradisi Beluluh

(547 Views) Oktober 22, 2018 7:05 pm | Published by | No comment

Sangatta – Tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada Pesta Adat Pelas Tanah III Kabupaten Kutai Timur, prosesi beluluh menjadi ritual awal, yang menandai dimulainya pelaksanaan pesta adat tersebut.
Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kutai Timur, Ismunandar, yang dijadikan lokasi prosesi beluluh, sudah terlihat penuh sejak pagi, Senin, 20 Oktober.
Dengan menggunakan pakaian putih dipadu dengan celana batik dan penutup kepala, Ismunandar bersama dengan Ketua Adat Besar Kutai Timur, Sayyid Abdal Nanang Al-Hasani, menjalani prosesi beluluh tersebut.
Kepada media, Ismu menyampaikan, pelaksanaan pelas tanah, merupakan apresiasi dari budaya Kutai. Kembali pada sejarahnya, Kutai Timur merupakan bagian dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Ia mengharapkan budaya yang ada jangan sampai hilang. Untuk kedepannya diharapkan pelaksanaan ritual budaya tersebut, juga dapat dijadikan even atau tujuan wisata tahunan Kutai Timur.

Usai pelaksanaan beluluh, Bupati beserta rombongan, melanjutkan ritual lainnya yakni mendirikan rondong ayu dan menyalakan brong, di taman bersemi STQ, Sangatta Utara.
Selama menjalani prosesi pelaksanaan ritual adat, Ismu didampingi Istri, Encek Ur Virgasih dan Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, yang juga didampingi istri, Tirah Satriani. Para jajaran pemerintah juga tidak ketinggalan mengikuti keseluruhan jalannya kegiatan tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments