Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Awasi Pengunaan Anggaran Disdikbud, DPRD Kutim Tinjau Langsung Pekerjaan Proyek

Awasi Pengunaan Anggaran Disdikbud, DPRD Kutim Tinjau Langsung Pekerjaan Proyek

(410 Views) Juni 26, 2016 9:21 pm | Published by | No comment

Sangatta. Untuk mencegah terjadinya kecurangan atau permainan, DPRD Kutai Timur khususnya Komisi D yang membidangi Kesejahteraan Rakyat, Pendidikan dan Kesehatan, berencana akan turn langsung melakukan pengecekan jalannya proyek-proyek pembangunan yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Timur. Tidak hanya pekerjaan proyek pembangunan baru, Komis D nantinya juga akan mengontrol hasil pekerjaan proyek-proyek yang telah selesai dikerjakan.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Kutim Uce Prasetyo, usai mengelar rapat koordinasi antara Komisi D DPRD Kutim dengan Disdikbud Kutim, belum lama ini. Dikatakan, sesuai fungsi DPRD maka pihaknya sudah membahas teknis koordinasi pengawasan yang dilakukan DPRD Kutim pada Disdikbud Kutim. Semua data proyek diminta dan nantinya akan dilakukan pengecekan secara random atau acak, termasuk tanggal pengecekan lapangan.

Sehingga jika sewaktu-waktu anggota Komisi D melakukan pengecekan dadakan ke lapangan, maka Disdikbud Kutim harus sudah siap dan menyertakan data lengkap, termasuk spesifikasi pekerjaan dan konsultan atau kontraktor pekerjaan. Sehingga tidak hanya melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang sedang dikerjakan, namun juga termasuk pekerjaan yang sudah selesai.

Lanjut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, memang sudah menjadi fungsi DPRD untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran sehingga harus dipastikan apakan uang rakyat tersebut dibelanjakan tepat sasaran dan benar penggunaannya. Tentu nantinya yang menjadi acuan adalah kesesuaian spesifikasi pekerjaan serta data kelengkapan lainnya, jika sudah sesuai maka tidak akan ada permasalahan.

Pengecekan ini dilakukan untuk mencegah adanya adanya kecurangan dalam pekerjaan. Sehingga kontraktor pelaksana juga lebih berhati-hati dan mengikuti aturan standar, baik spesifikasi dan perhitungan bahan bangunan.   Selain itu, pengecekan ini dilakukan juga terkait dengan budgeting atau penganggaran yang dilakukan DPRD.

Sehingga nantinya dapat dikoordinasikan dan diketahui apa saja yang perlu dilakukan pembangunan atau penambahan. Dan jika DPRD melakukan reses, kunjungan atau ada usulan dari masyarakat bahkan sekolah-sekolah, terkait kebutuhan sarana pendidikan dan kebudayaan, maka DPRD bisa segera menganggarkannya.

(Voice : DPRD Uce – Awasi Anggaran dan Program Disdikbud Kutim)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments