Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BADAN KETAHANAN PANGAN APRESIASI TEKNOLOGI PENGERING GABAH BALITBANG

BADAN KETAHANAN PANGAN APRESIASI TEKNOLOGI PENGERING GABAH BALITBANG

(417 Views) Agustus 24, 2016 7:24 am | Published by | No comment

Sangatta – Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur, Hormansyah, sambut baik alat pengering gabah yang diciptakan Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kutai Timur. Ditemui usai persentase Balitbang mengenai hasil teknologi alat rekayasa pengering gabah di Ruang Damar, Gedung Serba Guna Bukit Pelangi pagi tadi (24/8) Hormansyah mengatakan, teknologi ini sangat tepat untuk dikembangkan di Kutai Timur mengingat kesulitan petani pasca panen pada proses pengeringan, tertuma pada saat panen dimasa penghujan. Selama ini hasil produksi bergantung pada pengeringan manual dibawah sinar matahari sehingga sebanyak apapun hasil panen jika dipanen pada masa penghujan maka akan menurunkan produksi dan kualitas panen tersebut.

Lebih lanjut Hormansyah mengatakan, kedepannya Badan Ketahanan Pangan akan bekerjasama dengan Balitbang untuk memproduksi alat pengeringan tersebut. Alat Teknologi rekayasa pengering ini nantinya akan diletakkan pada titilk-titik sentral produksi seperti di Kecamatan Kongbeng Desa Miau Baru, Kaubun, Karangan, Kaliroang dan Longmasangat. Pengadaan teknologi alat rekayasa pengering gabah tersebut  akan diprioritaskan pada tahun depan.

Kelebihan Alat rekayasa pengering tidak hanya dapat digunakan untuk mengeringkan gabah namun dapat digunakan untuk mengeringkan hasil panen yang lain seperti jagung, kedelai dan yang lainnya.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments