Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bangun Venue Koni Jajaki Kerjasama Swasta

Bangun Venue Koni Jajaki Kerjasama Swasta

(470 Views) Juli 8, 2015 1:43 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sebagai induk olahraga yang ada di Kabupaten ini rencananya akan menggandeng pihak ketiga dalam penyediaan sarana dan fasilitas olahraga dan sarana pendukung lainnya. Rencana kerjasama melibatkan pihak swasta itu dilakukan untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) tahun 2016 dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-VI Kalimantan Timur tahun 2018 mendatang. Menurut Ketua Umum KONI Kutim Harpandi, keterlibatan stakeholder untuk menjadi tim perumus dalam hal perencanaan demi suksesnya Porprov IV 2018 sangat penting. Tidak akan ada yang susah ketika semua stakeholder terlibat, paling tidak dalam hal perencanaan demi suksesnya acara (even olahraga) tersebut.
Harapannya, kerjasama Pemkab Kutim dengan seluruh stakeholder dapat mewujudkan tri sukses, yakni sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses ekonomi kerakyatan 2018. Selain itu dia juga berharap kepada perusahaan seperti PT Kaltim Prima Coal, yang memiliki beberapa fasilitas olahraga dapat membantu menyiapkan venue-venue cabang olahraga. Untuk kemudian dapat digunakan pada saat perhelatan akbar Porkab dan Porprov. Berdasarkan jumlah cabor yang akan di pertandingkan sekaligus pembinaan atlet. Rencana kerjasama dimaksud telah dituangkan dalam MoU (Momerandum of understanding) antara KONI dan PT KPC.
Sekedar diketahui beberapa event olahraga tingkat provinsi, kejurnas dan internasional yang pernah diadakan di Kutim bisa dibilang sukses pelaksanaan diantaranya dansa, gulat, bola volly, panjat tebing pada tahun 2006 sampai dengan 2010. Sementara di tahun 2011-2014 terjadi peningkatan yang cukup baik dengan banyaknya cabang olahraga yang terlibat di tingkat provinsi dan kejurnas. Seperti catur, bilyard, road race, tenis lapangan, motocross, bulu tangkis, gate ball, sepak takraw, pencak silat, karate. serta cabang olahraga sepak bola mulai dari divisi 1, Piala Suratin Cup dan Piala Isran Noor Cup.
Harpandi mengatakan pembinaan atlet haruslah menjadi titik fokus pengurus KONI Kutim. Sehingga atlet yang ada dapat bersaing di kancah olahraga nasional maupun internasional. Terkait peningkatan prestasi olahraga daerah, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemkab dan KONI saja, melainkan sinergisitas dengan dunia pendidikan yang dapat mengorbitkan bibit-bibit muda.
Dari data yang dihimpun oleh tim inventarisasi KONI Kutim, fasilitas pendukung untuk even akbar olahraga saat ini hanya tersedia sebanyak 1.096. Dengan kapasitas tempat tidur 3.767 untuk kebutuhan seluruh atlet, official, manager dan undangan. Dengan tambahan home stay representatif yang sudah disiapkan dengan daya tampung 5 ribu orang. Home stay digunakan untuk mengakomodasi seluruh kontingen yang akan hadir dari 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur (Kaltim). Sementara itu, Manager External Relations PT KPC Hasrul Sani menyatakan pada prinsipnya PT KPC juga bagian dari Kutim. Untuk itu dia mengatakan pihaknya siap mendukung sepenuhnya program pemerintah. Terutama untuk pengembangan dan pembinaaan atlet muda berprestasi.
Dijelaskan, ini peluang bagi kami dan departemen lain untuk siap ikut di dalam menyukseskan kegiatan 4 tahunan tersebut. Pada prinsipnya kami siap untuk membantu menyukseskan acara tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments