Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Banjir di Beberapa Kecamatan Ganggu Operasional PDAM Cabang di Kutai Timur

Banjir di Beberapa Kecamatan Ganggu Operasional PDAM Cabang di Kutai Timur

(607 Views) November 2, 2016 4:56 pm | Published by | No comment

perbaikan-pipa-pdam-tala-450x270

Sangatta. Sejak akhir bulan September hingga bulan Oktober 2016, beberapa PDAM Cabang Tirta Tuah Benua Kutai Timur mengalami kerusakan pompa intake yang disebabkan oleh limbah kayu yang tersangkut di pompa. Limbah-limbah kayu diakibatkan oleh sungai yang meluap karena intensitas hujan yang tinggi.

Menurut Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta, Aji Mirni Mawarni, kerusakan akibat banjir ini seperti dialami PDAM Cabang Muara Bengkal, PDAM Cabang Busang, PDAM Long Mesangat, dan PDAM Cabang Karangan. Bahkan pada PDAM Cabang Karangan, akibat banjir yang cukup besar menyebabkan ponton intakenya sampai terbalik hingga membutuhkan waktu hingga 4 hari untuk memperbaiki kembali ponton yang rusak dan memasang peralatan pompa dan panel.

Lanjutnya, dalam memperbaiki pompa-pompa intake yang rusak, PDAM Cabang membutuhkan waktu 1 hingga 3 hari dalam perbaikannya dikarenakan terkadang harus membeli dahulu spare part di Sangatta atau di Samarinda. Sementara, bebarapa waktu lalu, 1 unit pompa intake IPA Kabo juga sempat mengalaminya, sehingga terjadi penurunan produksi sebesar 40 – 50 L/dtk di IPA Kabo. Namun bisa diatasi dengan mengganti pompa intake cadangan yang telah tersedia.

(Voice : PDAM Mawar – Banjir Gangu Intake PDAM)

Lebih jauh dikatakan Mawar, dikarenakan hampir semua sungai-sungai di wilayah Kutai Timur memiliki pasang surut sungai yang cukup ekstrim, sehingga menyebabkan selama ini pada PDAM Cabang tidak dibangunkan intake-intake permanen, namun menggunakan ponton intake. PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur sudah merencanakan evaluasi pada sistem screening pompa-pompa intake ponton yang ada, agar ke depan pompa-pompa intake lebih aman dari sampah dan limbah kayu. Rencana ini baru akan dilaksanakan di tahun 2017, mendatang.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments