Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Banyak PNS Terjerat Hukum, KORPRI Kutim Perlu Bentuk LKBH

Banyak PNS Terjerat Hukum, KORPRI Kutim Perlu Bentuk LKBH

(870 Views) Maret 5, 2015 3:12 pm | Published by | 6 Comments
Sangatta. Walaupun dalam  kurun 4 tahun terakhir Pemerintah Kutim tidak lagi diperkenankan untuk memberikan bantunan hukum kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tersandung masalah pidana, namun menurut Wahida selaku Kasubid Kelembagaan dan Bantuan Hukum Sekertariat KORPRI Kutai Timur, KORPRI tetap harus memberikan kesempatan kepada PNS sebagai anggotanya yang kebetulan tersandung permasalahan hukum untuk bisa diberi bantuan dalam bentuk menyediakan pengacara dan jasa konsultasi.
Diakuinya, jika kini KORPRI Kutim memang belum bisa memberikan bantuan hukum tersebut kepada PNS Kutim yang tersandung masalah karena belum adanya Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) KORPRI. Lembaga ini lah yang ke depan harus segera dibentuk karena minimal mampu memberikan wawasan kepada PNS tentang aturan hukum, misalkan kewajiban didampinginya seseorang yang beperkara oleh pengacara dengan tuntutan hukum 5 tahun ke atas.
Menurut Wahida, dalam memberikan bantuan hukum, LKBH harus memilah persoalan hukum yang dihadapi PNS tersebut. Tentunya bantuan ini tidak dapat diberikan kepada PNS yang terjerat permasalahan hukum akibat ulah pribadinya seperti tersandung masalah narkoba ataupun KDRT. Tetapi yang bisa mendapatkan bantuan adalah PNS yang terjerat masalah hukum dimana berkaitan dengan pekerjaan di institusinya.Hal ini dilakukan karena tetap mengacu pada azas praduga tak bersalah dan merupakan hasil dari konsultasi yang sudah dilakukan.
(voice)
Lebih jauh Wahida berharap LKBH KORPRI ini dapat segera terbentuk karena setidaknya bisa memberikan pengacara murah, setidaknya untuk meringankan beban kasus yang sudah dipikul, mengingat tidak semua PNS yang terjerat masalah hukum mampu dalam hal finansial atau keuangan untuk membayar pengacara. (Ibnu Juraid)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

6 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments