Menu Click to open Menus
Home » Acara » Basnaz Kutim Salurkan 90 Juta Untuk Program Kutim Sejahtera dan Kutim Cerdas

Basnaz Kutim Salurkan 90 Juta Untuk Program Kutim Sejahtera dan Kutim Cerdas

(548 Views) April 24, 2018 4:25 pm | Published by | No comment

Penyerahan bantuan pada UKM(Foto:Khusnulkhotimah)

Sangatta – Badan Amil Zakat (Baznas) Kutai Timur kembali menyalurkan bantuan untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan para pelajar di dua kecamatan, Sangatta Utara dan Selatan, melalui Program Kutim Sejahtera dan Kutim Cerdas, sebesar Sembilan Puluh Juta Rupiah. Bertempat di halaman kantor Baznas, Jalan Karya Etam, Selasa, 24 April, setidaknya ada tiga puluh UKM dan lima belas pelajar, yang masing-masing mendapat bantuan sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah, hingga dua juta rupiah.

Menurut Kepala Baznas Kutim, Harun Rasyid menyampaikan, proposal yang masuk ke bazarnas banyak, namun memang masih melalui survey yang dilakukan petugas, karena jangan sampai yang menerima tidak sesuai dengan kreteria yang ditetapkan, yang memang benar-benar membutuhkan. Sedangkan untuk penerima bantuan sendiri berdasarkan dengan temuan di lapangan maupun dari beberapa orang yang memang mendaftar ke Baznas.

Harun berharap, para penerima bantuan dapat dipergunakan degan sebaik-baiknya, karena ini merupakan titipan yang harus digunakan mengembangkan usahanya, yang kemudian bisa membantu para pelaku usaha lainnya dengan menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) ke bazarnas kembali.

Untuk jumlah Zis yang sudah terkumpul sampai dengan April ini di Baznas Kutim, mencapai Satu koma lima Milyar Rupiah, yang terkumpul dari berbagai sumber dan terbanyak yang disalurkan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kutai Timur yang setiap bulannya menyumbang kurang lebih tiga puluh lima juta rupiah.

Sementara untuk program Jum’at Bersedekah, yang digagas untuk para pelajar, sampai dengan saat ini masih berjalan lima puluh persen, baru delapan sekolah yang menjalankannya. Padahal menurut Kepala UPT. Baznas Sangatta Utara, Suyatno yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, program tersebut sangat bermanfaat, meski jumlahnya tidak banyak. Jika saja dari setiap pelajar di seluruh sekolah di Kutai Timur, menyedekahkan seribu rupiah saja setiap jum’atnya, maka yang terkumpul akan banyak, dan dapat membantu para pelajar lain yang kurang beruntung karena kekurangan biaya untuk bersekolah.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in: ,
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments