Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Baznas Launcing Jum’at Beramal

Baznas Launcing Jum’at Beramal

(497 Views) Oktober 26, 2017 4:44 pm | Published by | No comment

Sangatta – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kutai Timur kembali melauncing program baru yakni Jum’at Beramal yang dilaksanakan di Ruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur, Kamis, 26 Oktober. Program Jum’at Beramal yang menyasar dunia pendidikan tersebut merupakan metode pengumpulan infaq yang dilaksanakan di dunia pendidikan khususnya sekolah.

Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, pada kegiatan tersebut Baznas Kutim menyerahkan MOU Program Jumat Beramal kepada UPT. Dinas Pendidikan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon, Rantau Pulung dan Teluk Pandan.

Menurut Sekretaris Daerah Kutai Timur, Irawansyah yang membuka laucing Jum’at beramal tersebut mengatakan, tidak hanya untuk para anak didik, namun juga dapat diterapkan di lingkungan lainnya. Penerapan kepada para anak didik dapat membentuk karakter anak menjadi senang bersedekah sehingga kebiasaan tersebut akan terbawa sampai dengan dewasa. Untuk itu program ini harus terus disosialisasikan.

Mekanisme program Jumat Beramal yakni dilaksanakan di hari Jum’at atau hari lainnya, dengan infak berupa uang dengan besaran yang tidak ditentukan dan sifat berupa anjuran kepada siswa yang muslim, dibuka setiap bulan disaksikan Kepala Sekolah, Para Guru dan Murid sebagai bentuk pembelajaran bagi anak. Selanjutnya akan diserahkan ke UPT. Dinas Pendidikan yang nantinya akan dibentuk unit pengumpul zakat yang selanjutnya akan disetorkan ke Bank Muamalat.

Program tersebut dibentuk berdasarkan Undang-undang no. 23 tahun 2011 tetang pengelolaan Zakat, yakni baznas berwenang untuk membentuk unit pengumpul zakat salah satunya dilingkungan pemerintahan yang didalamnya terdapat dinas pendidikan.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments