Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Belum ada PPI, Kutim Masih Belum Dapat Ukur Tangkapan Nelayan

Belum ada PPI, Kutim Masih Belum Dapat Ukur Tangkapan Nelayan

(634 Views) November 27, 2017 3:24 pm | Published by | No comment

Sangatta –  Belum beroperasinya Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Dusun Kenyamukan, Desa Sangatta Utara, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Timur, masih belum dapat mengukur jumlah produksi tangkapan nelayan. Menurut Kepala DKP , Nur Ali mengatakan, sampai saat ini masih belum dapat diketahui pasti, berapa jumlah tangkapan ikan, di Kutai Timur pada setiap tahunnya, dikarenakan pengukuran yang dilakukan berdasarkan timbangan di pasar.

Hasil tangkapan ikan yang terdata di DKP Kutai Timur pada tahun 2016 lalu, sebanyak tiga ribu ton lebih, namun menurut Nur Ali, data tersebut masih belum akurat dikarenakan hanya diperkirakan dari jumlah kapal nelayan yang ada dan hasil laut yang sudah berada di pasar, sedangkan untuk hasil laut yang sudah berada di pasar tidak keseluruhan berasal dari Kutai Timur.

Pengoperasian PPI Kenyamukan akan segera diupayakan pada tahun 2018 mendatang, termasuk pengoperasian gudang pendingin ikan (cold storage) dan stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN). Saat ini menurut Ali sudah ada pihak yang menyanggupi untuk mensuplai BBM ke PPI Kenyamukan, sedangkan untuk ketersediaan listrik, akan menggunakan mesin jenset terlebih dahulu.

Dengan adanya PPI, akan memudahkan untuk mengukur daya tangkap nelayan dan kekuatan penyediaan hasil laut di Kutai Timur setiap tahunnya, dikarenakan tangkapan yang masuk akan langsung ditimbang sebelum dilanjutkan untuk dipasarkan.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments