Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Belum Miliki Bangunan Gudang, Desperindag Kutim Akan Mulai Ajukan Tahun Ini

Belum Miliki Bangunan Gudang, Desperindag Kutim Akan Mulai Ajukan Tahun Ini

(695 Views) Agustus 25, 2017 1:32 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Selain caseway, Pelabuhan Kenyamukan yang ditargetkan akan menjadi salah satu Gerai Maritim 8 belum memiliki gambaran bangunan gudang. Belum adanya rencana bangunan gudang tersebut menjadi salah satu permintaan Kementerian Perdagangan (Kemendag) agar Kutai Timur membangun gudang sebagai salah satu fasilitas penunjang.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Desperindag) Kutai Timur, Edward Azran mengatakan, hampir semua pelabuhan lain sudah memiliki bangunan gudang, sedangkan Kutai Timur masih belum memiliki gambaran, untuk itu pada tahun ini, Desperindag akan mengajukan tanah untuk bangunan gudang, karena menurutnya, Kemendag juga berkenan dalam membantu Kutai Timur dalam pembangunan tersebut.

Gerai maritim di wilayah 8 yang diadalamnya terdapat rute pelayaran Tanjung Perak menuju Belang-belang, Sangatta dan Sebatik, bisa segera dioperasikan pada akhir tahun ini. Namun tentu hal tersebut belum dapat terlaksana karena terkendala dengan belum rampungnya pembangunan Pelabuhan Kenyamukan Sangatta. Dengan beroperasinya rute Tanjung Perak, Belang-belang, Sangatta dan Sebatik, nanitnya diperkirakan akan ada perputaran uang sekitar Rp3,4 triliun dari aktivitas bongkar muat penumpang dan barang, jika gerai maritim diaktifkan. Namun yang menjadi permasalahan pusat adalah hanya Sangatta yang hingga kini belum memiliki pergudangan sebagai tempat transit maupun penyimpanan barang-barang dagangan yang dibongkar dari kapal maupun barang yang akan dimuat ke kapal. Sementara ketiga pelabuhan laut lainnya sudah memiliki pergudangan.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments