Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Belum Punya Lahan TPA, Sangkulirang Kewalahan Tangani Sampah

Belum Punya Lahan TPA, Sangkulirang Kewalahan Tangani Sampah

(603 Views) November 6, 2017 4:12 pm | Published by | No comment

Sangatta – Belum adanya tempat pembuangan akhir (TPA) dan baru memiliki satu unit kendaraan pengangkut sampah, Kecamatan Sangkulirang masih kewalahan menangani persoalan sampah. Sebelumnya Bupati Kutai Timur, Ismunandar sudah menegur untuk memindahkan lokasi pembuangan sampah di pintu masuk jalan poros kecamatan Sangkulirang, namun setelah dilakukan pemindahan tempat pembuangan, tetap saja persoalan sampah masih belum teratasi karena lahan TPA.

Camat Sangkulirang, Tajudin dalam rapat Coffee Morning, di Kantor Bupati Kutai Timur, Senin, 6 November menyampaikan, sebenarnya pembuangan sampah sudah berjalan rutin dan tong sampah juga sudah disiapkan dipinggir jalan, hanya saja masih belum ada lahan untuk pembuangan sampah, selama ini lahan yang digunakan merupakan lahan pinjaman dari masyarakat, yang akhirnya lahan ditutup oleh pemiliknya, sehingga tidak dapat digunakan lagi dan mengakibatkan penumpukan sampah.

Peminjaman lahan milik masyarakat untuk lokasi TPA sudah berpindah tiga kali, namun keseluruhan berakhir dengan penutupan lahan oleh pemiliknya. Terakhir lahan yang digunakan untuk TPA adalah lahan yang disarankan oleh Kepala Desa Benua Baru Ilir yaitu pada lahan milik desa. Karena sudah menggunakan lahan desa, maka pihak kecamatan meminta PT. Indexim membantu dalam pembuatan badan jalan menuju lokasi tersebut, belum dilakukan pembuatan jalan, lokasi tersebut sudah dilakukan penutupan kembali dikarenakan tokoh adat tidak menyetujuinya. Tajuddin menambahkan, karena masalah tersebut rencananya dalam waktu dekat akan dibuat usulan pembebasan lahan untuk pembuangan akhir sampah.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kutai Timur, Ismunandar mengatakan, lingkungan Sangkulirang sudah masuk menjadi lingkungan perkotaan dan masalah sampah harus dikelola dengan baik, untuk itu akan dilakukan pengkajian untuk menempatkan UPT. Kebersihan di Kecamatan tersebut.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments