Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Benahi Irigasi Kecamatan, Dinas PU Kutim Siapkan Rp 15 Miliar

Benahi Irigasi Kecamatan, Dinas PU Kutim Siapkan Rp 15 Miliar

(545 Views) April 15, 2016 11:37 am | Published by | No comment

Sangatta. Belajar dari kondisi kemarau panjang yang melanda Kabupaten Kutai Timur sejak tahun 2015 kemarin hingga beberapa bulan belakangan ini, hampir seluruh kecamatan yang ada di Kutim mengalami kekeringan dan gagal panen. Ketersediaan embung dan sumber-sumber air seperti danau yang kering akibat kemarau panjang, membuat Dinas Pekerjaan Umum (PU) kutai Timur tahun ini memprogramkan pembenahan jaringan irigasi pertanian dan pembuatan embung-embung sebagai alternatif sumber air warga saat kembali terjadi kekeringan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Pengairan Dinas PU Kutim Abdul Muhir, mengatakan bahwa tahun ini ada beberapa program yang memang sudah di masukkan dalam perencanaan bagian Sumber Daya Air dan Pengairan PU Kutim diantaranya pengendalian banjir, sungai dan termasuk rehabilitasi jaringan irigasi pertanian dan pembuatan embung. Seperti yang ada di Kecamatan Kaubun, saat ini sudah berlangsung rehabilitasi dan pembangunan jaringan irigasi.

Lanjut Muhir, namun tidak hanya Kecamatan Kaubun, saat ini ada alokasi anggaran sebesar Rp 15 miliar yang akan disebar untuk perbaikan jaringan irigasi pertanian dan pembuatan embung. Seperti di Kecamatan Telen, Desa Miau di Kecamatan Kongbeng, Kecamatan Rantau Pulung, Kaliorang dan Teluk Pandan. Dengan anggaran yang minim ini diupayakan dapat disebar merata di semua kecamatan di Kutim. Terlebih saat ini sudah ada kontrak program ketahanan pangan antara pemerintah provinsi Kaltim dengan Pemkab Kutim untuk mengupayakan swasembada pangan di Kutim, tentu ini menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendiri bagi PU Kutim untuk mensukseskan program tersebut.

(Voice : PU Abdul Muhir – Anggaran Irigasi)

Lebih jauh Abdul Muhir mengatakan, program ini secara bertahap akan terus dilakukan. Namun tentunya ada harapan besar agar pemerintah bisa mengalokasi anggaran lebih besar lagi agar program-program ini dapat lebih dimaksimalkan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments