Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Berangkat Dari Tidak Memiliki Pos Hujan Pada Bidang Sumber Daya Air, Dinas PU, Pemkab Kutim Dan Stakeholder Apresiasi Aksi Perubahan Sambung Rasa Kerapatan Data Hujan

Berangkat Dari Tidak Memiliki Pos Hujan Pada Bidang Sumber Daya Air, Dinas PU, Pemkab Kutim Dan Stakeholder Apresiasi Aksi Perubahan Sambung Rasa Kerapatan Data Hujan

(44 Views) Juli 30, 2021 6:20 pm | Published by | No comment

RPD KUTIM, SANGATTA– Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengapresiasi kegiatan aksi perubahan yang digelar melalui Focus Group Discuccion (FGD) yakni “ Sarapan Tahu”  yang berkaitan dengan rasionalisasi pos hujan yang ada di Kutim. Hal itu disampaikan Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kutim Suroto Mewakili Pemkab Kutim saat membuka kegiatan ini yang dipusatkan diruang rapat kominfo perstik, Rabu (28/07/21).

Dijelaskan Suroto, aksi perubahan tersebut sangat bermanfaat di Kutim. Utamanya dalam mendukung sektor pertanian, perkebunan hingga perikanan.

lanjut Suroto, di Kutim sendiri terdapat 51 pos hujan akan tetapi itupun belum maksimal. Pasalnya, masih minimnya data hujan yang dimiliki daerah tersebut sehingga sangat membantu apabila aksi perubahan mengenai data hujan tersebut dikembangkan. Tak hanya itu, Ia berharap dengan adanya rencana penambahan 8 pos hujan di Kutim dalam waktu dekat ini, harapannya data hujan ini dapat diintegrasikan melalui kerjasama antar semua stakeholder terkait.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas pekerjaan Umum Kutim, A, M Reza Renantha menjelaskan, Sambung Rasa Kerapatan Data Hujan dipilih menjadi aksi perubahan yang dilakukannya mengingat tidak adanya pos hujan pada sumber daya air. Sehingga Ia menyadari pentingnya data curah hujan yang rapat dan akurat untuk menentukan kebijakan- kebijakan pada multi sektor khususnya bidang infrastruktur pengairan di Kutim. Pada kegiatan ini pihaknya berupaya mengumpulkan data dari pos- pos hujan exisiting yang telah dibangun oleh multi stakeholder yang nantinya akan disingkronisasikan data yang ada.

Sebagai salah satu peserta yang saat ini sedang mengikuti Diklat pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan V di Makassar, berharap, kedepan ada pertukaran data hujan antar stakeholder, sehingga kebutuhan data curah hujan untuk lokus di Kutim selalu tercukupi.

Focus Group Discussion yang dilangsungkan secara virtual itu dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan selaku Mentor, kadis kominfo kutim dan Plt Bappeda beserta Kasi statistik dan kasi Wilayah Tata Ruang. Hadir pula Kepala BMKG Balikpapan selaku koordinator Balikpapan, Kepala BMKG Samarinda dan Kasi Data BMKG Balikpapan, Kepala BPTP Provinsi Kaltim yang hadiri Kasubag Kerjasama dan Ketua Perhimpunan Meteorologi Petani Kaltim, kepala unit hidrologi dan kualitas air BWS IV Kalimantan Samarinda yang kesemuanya ikut secara virtual.

Semua stakeholder yang hadir, baik di Ruang Kominfo Kutim maupun lewat virtual semua mendukung kerjasama pertukaran data yang di tawarkan yakni ” SERAPAN TAHU” SAMBUNG RASA KERAPATAN DATA HUJAN.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments