Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Berpotensi PAD, Dishub Kutim Ajukan Raperda Retribusi Pelabuhan dan Dermaga

Berpotensi PAD, Dishub Kutim Ajukan Raperda Retribusi Pelabuhan dan Dermaga

(416 Views) Juli 2, 2015 5:38 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Perhubungan (Dishub) Kutai Timur kini tengah mempersiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan segera digodok oleh DPRD Kutim untuk dijadikan Perda, terkait retribusi pelabuhan dan dermaga angkutan laut, sungai, danau dan feri.

Menurut Kadishub Kutai Timur Johansyah Ibrahim, pengajuan raperda ini dilakukan agar pemerintah bisa lebih mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi atau pungutan aktivitas pelabuhan laut dan dermaga sungai, danau serta feri yang ada. Seperti pelabuhan rakyat yang sudah terbangun di beberapa kecamatan di Kutim serta pelabuhan kenyamukan yang akan segera rampung.

Lanjutnya, baik pelabuhan kenyamukan dan dermaga  sungai yang ada di Kutai Timur memiliki potensi PAD yang cukup besar. Namun karena belum adanya payung hukum yang membolehkan Pemerintah Daerah melakukan pungutan, maka pihaknya sebagai instansi teknis tidak dapat menarik retribusi apa-apa. Johansyah hanya berharap, sebelum Perda retribusi ini selesai digodok DPRD Kutim, Bupati Kutai Timur dapat menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) agar pihaknya bisa melakukan pungutan retribusi tersebut sembari menunggu Perda selesai.

(voice)

Sementara bagi beberapa pelabuhan khusus yang dimiki perusahaan seperti Pelabuhan Tanjung Bara milik PT KPC dan beberapa pelabuhan khusus milik perusahaan sawit, Johansyah mengakui pihaknya tidak bisa melakukan pungutan karena perijinannya langsung kepada Pemerintah Pusat sedangkan pihaknya hanya sekedar koordinasi saja.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments