Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Biaya Pemasangan Instalasi Listrik Mahal, Pemkab Kutim Akan Panggil Kontraktor PLN

Biaya Pemasangan Instalasi Listrik Mahal, Pemkab Kutim Akan Panggil Kontraktor PLN

(4971 Views) Januari 31, 2017 3:27 pm | Published by | 5 Comments

IMG-20170131-WA0074Sangatta – Menanggapi laporan Lembaga perlindungan konsumen mengenai beragamnya harga pemasangan instalasi listrik  bahkan ada yang menetapkan harga yang mahal, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur akan mengumpulkan seluruh kontaktor PLN Rayon Sangatta, untuk menseragamkan tarif pemasangan. Tidak adanya aturan yang mengatur mengenai biaya yang boleh ditetapkan kontraktor mengakibatkan banyaknya keluhan masyarakat mengenai mahalnya harga pemasangan instalasi.

Menurut Asisten Menejar Pelayanan dan Administrasi PLN Rayon Bontang dalam rapat Sosialisasi Kebijakan Subsidi Listrik Tepat sasaran dan Mekanisme Pengaduan, di ruang Arau Kantor Bupati, Selasa, 31 Januari, Mujiono  mengatakan, biaya penyambungan listrik ke PLN sesuai tarif dari Pemerintah yang ditetapkan Kementerian yakni untuk biaya pemasangan 1300 sebesar satu juta dua ratus delapan belas ribu ruapiah, hanya sebesar itu yang masuk ke kas PLN selebihnya kontraktor,  karena haknya PLN untuk menyalakan listrik hanya sampai di kilometer, sedangkan instalasi adalah hak konsumen yang menentukannya dengan kontraktor. Inilah yang belum diatur pemerintah sehingga dijadikan celah untuk kontraktor memasang tarif sesuai keinginannya. ditambah token perdana minimal pembelian dua puluh ribu ruapiah dan materai enam ribu dua lembar.

Lebih lanjut Mujiono mengatakan, tarif yang ditetapkan kontraktor selama ini terlalu mahal, pemerintah harus memfasilitasi PLN dan kontraktor untuk menetapkan aturan yang jelas sehingga tidak ada yang memasang harga terlalu tinggi.

Menanggapi hal tersebut Sekertaris Daerah, Irayawansyah dalam kegiatan yang sama mengatakan, dirinya akan meminta data kontraktor yang menjadi rekanan PLN dan selanjutnya akan diundang untuk membahas tarif yang mereka tetapkan. Sehingga kedepannya tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan.

Voice : Reporter RPDKutim / Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

5 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
melky ferianto daniel
melky ferianto daniel
3 years ago

iya gan untuk bengalon aja saya dijalan mulawarman tempat saya 1300va aja pemesanan minta 4.500.000 rupiah ,oleh kontraktor nya (—-) apa benar taripnya sampai segitunya?

Linda
Linda
3 years ago

Itu sdh mahal sekali pda hal standarx 3 jutaan itu sdh mhal loh tp bengalon malahan ada yg minta 5 jutaan

Desy Suryaningrum
Desy Suryaningrum
3 years ago

Semoga segera diitindak lanjuti keluhan mahalnya pemasangan instalasi listrik utk daerah bengalon, krn sdh tertera di atas pihak PLN hanya menerima Rp. 1.218.000,- jd terlalu mahal utk yg 1300va di anggarkan Rp. 4.500.000,-

Hadi winarno
Hadi winarno
1 year ago

Untuk pemasangan jaringan listrik di,desa sika makmur,kec.long mesangat tidak mencukupi kebutuhsn,krn jaringan tidak masuk ke 2 wilayah rt,mohon petunjuk untuk mengajukan penambahan

M.kurnain nur
M.kurnain nur
11 months ago

Ni