Menu Click to open Menus
Home » Infrastruktur » BPS Segera Lakukan Survey PMTB, Sutas, dan Pendataan Podes

BPS Segera Lakukan Survey PMTB, Sutas, dan Pendataan Podes

(603 Views) April 26, 2018 12:00 pm | Published by | No comment

Sangatta – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutai Timur, akan segera melakukan survey Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), dan Survey Pertanian Antar Sensus (Sutas), serta Pendataan Potensi Desa (Podes), yang jadwalnya akan dilaksanakan bersama pada Mei mendatang. Kepala BPS Kutim pada pelaksanaan Penyusunan Disagregasi, pembentukan modal tetap bruto (PMTB) 2018 dan Pembinaan statistik sektoral serta khusus, Hotel Royal Victoria, Sangatta, Rabu, 25 April, Achmad Yasid Wijaya menyebutkan, maksud dilaksanakannya survey Sutas dan Podes tersebut adalah untuk memperbaharui data yang sebelumnya, sehingga diketahui data terbaru di lapangan.

Yasid menyampaikan, untuk pelaksanaan PMTB dilakukan pada bulan ini hingga Juni mendatang. Data yang dikumpulkan meliputi data statistik dasar, sektoral dan khusus. Yang hasilnya nanti dipergunakan untuk mempermudah Pemerintah dalam menentukan arah kebijakan, khususnya di dunia usaha. Pada pelaksanaannya, akan melibatkan beberapa instansi pemerintah, dalam hal pemberian data, seperti Dinas Perhubungan yang diminta memberikan jumlah kendaraan, yang beroperasi di Kutai Timur, maupun instansi lainnya.

Berbeda dengan dua surver lain, Survey PMTB sendiri menurut Yasid, merupakan kegiatan pertama yang dilakukan BPS, atas permintaan Pemerintah Pusat melalui Bapenas, untuk memilah-milah antara investasi-investasi yang terdaftar di Indonesia agar mendapat data yang lebih rinci.

Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, yang juga membuka kegiatan tersebut meminta dukungan dinas yang mengumpulkan dan mengelola data, agar dapat bekerjasama dengan baik, saat diminta memberikan data yang dibutuhkan, selain itu juga wajib memperhatikan sumber data guna menekan kesalahan saat data di input. Jangan sampai data yang diberikan salah, karena jika salah, maka akan salah juga kebijakan yang akan diambil oleh Pemerintah Pusat.

Sedangkan menurut Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, yang diwakilkan Kasubag Perencaan dan Program, Insan Bowo Asmoro mengungkapkan, dalam pengumpulan data saat ini telah ditanggani oleh Dinas Kominfo, yang didalam terdapat sub bagian persandian dan statistik. Namun memang masih dilakukan secara bertahap, karena dinas tersebut juga baru dua tahun terbentuk, sehingga pengumpulan data belum dapat sepenuhnya dilimpahkan di sana.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in: ,
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments