Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BUKU FONDASI EKONOMI MIKRO DILUNCURKAN

BUKU FONDASI EKONOMI MIKRO DILUNCURKAN

(623 Views) April 26, 2016 6:50 am | Published by | No comment

SANGATTA – Mata kuliah Ekonomi Mikro merupakan pilihan wajib bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi. Untuk mendukung salah satu materi dari mata kuliah tersebut Dr. Muhammad Awaluddin SE., M.Si dan Rian Hilmawan, SE.,M, menulis buku Fondasi Ekonomi Mikro “Beberapa konsep dasar dan aplikasi pada kasus bisnis”. Buku yang dicetak pertama kali pada bulan ini (April) diluncurkan di kantor Bupati Kutai Timur.

Peluncuran dan diskusi buku Fondasi Ekonomi dilakukan dihadapan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kabupaten Kutai Timur. Dengan menghadirkan tiga orang tim pengarah dan penilai dari pakar international Prof. Dr. Hasanuddin Basri, MA mantan menko KESRA dan mantan Duta Besar Iran, Dr. H. Tajuddin Paranta, MA dan Dr. Supriadi, SE, M.Si. dengan moderator Ratna Ekawati, SE. M, Si.

Tidak seperti buku ekonomi yang membahas ekonomi mikro secara luas dan mendalam, buku fondasi ekonomi mikro ini memberikan kefokusan pada konsep inti yaitu permintaan dan penawaran serta kaitannya dengan prilaku konsumen dan produsen dengan pendalaman yang lebih komprehensif disertai latihan-latihan yang mudah diikuti. Dalam buku ini juga menjelaskan program komputer untuk melakukan analisis matematis mikro. Beberapa konsep dasar dimuat dalam buku ini disertai aplikasi pada kasus bisnis. Dengan terbitnya buku fondasi ekonomi mikro diharapkan mahasiswa tidak hanya belajar mikro tetapi diajarkan juga bagaimana mengaplikasikan kasus nyata.

Menurut penulis, Muhammad Awaluddin,  beberapa mahasiswa hanya dengan melihat materi Ekonomi mikro saja sudah terlihat menyulitkan dengan adanya kurva-kurva dan hitungan-hitungan matematis. Untuk itu dengan adanya buku Fondasi Ekonomi Mikro, penulis berusaha memberikan materi yang mudah untuk dipahami mahasiswa dengan mencantumkan teori, perhitungan dan contoh kasus ekonomi sehingga mahasiswa paham dalam mata kuliah ini.

(Voice – Muhammad Awaluddiin kurva dan hitungan)

Sementara itu dalam penilaian Prof. Dr. Hasanuddin Basri, MA yang juga pernah menjabatan Rektor Universitas Hasanuddin mengatakan dalam buku fondasi ekonomi mikro ini terdapat sejumlah keunggulan yang di dalamnya menyematkan model matematis, mencoba menerangkan rasionalitas dalam model matematik sederhana dan mencantumkan contoh. Namun karena ini edisi pertama tentunya masih perlu penyempurnaan dan pendalaman dibebepa hal.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments