Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Ajak Masyarakat Kutim Tertib Bayar PBB

Bupati Ajak Masyarakat Kutim Tertib Bayar PBB

(447 Views) September 26, 2017 7:50 pm | Published by | No comment

Sangatta – Bupati Kutai Timur Ismunandar, membuka secara resmi Pekan Panutan Bayar Pajak Bumi dan Bangunan, Sektor Perdesaan dan Perkotaan, Senin (26/9/17) pagi tadi, di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kutai Timur, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Menurut  Ismu, PBB sektor Pedesaan dan Perkotaan merupakan salah satu pajak daerah, yang menjadi kewenangan dan hak Pemerintah Daerah, untuk mengelola dan memungutnya. Sementara untuk Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pertambangan,  Perkebunan dan Perhutanan (PBB Sektor P3), kewenangan pungutannya langsung dikelola oleh Pusat.

Dengan dilaksanakannya Pekan Panutan Bayar PBB, Ismunandar menghimbau masyarakat dan pengusaha di Kutim, untuk taat dan tertib membayarkan PBB kepada daerah tiap tahunnya. karena dengan rutin membayar PBB setiap tahun, maka masyarakat juga memiliki kekuatan hukum atas lahan yang dimiliki atau digarap oleh mereka.

Untuk itu, dirinya juga sudah menginstruksikan kepada Camat sekutim, dan meneruskan kepada para kepala desa dan lurah hingga ketua RT di masing-masing, untuk mensosialisasikan gerakan sadar dan taat bayar PBB kepada masyarakat kutim.

Insert : Bupati

Lebih jauh, Ismu menuturkan, saat ini Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, tengah memperjuangkan revisi Undang-Undang Nomor 28 tahun 2017, terkait Bagi Hasil Pajak Daerah.  Langkah tersebut didukung penuh, oleh seluruh Bupati dan Walikota di Kaltim, agar Pemerintah Daerah juga bisa merasakan bagian atau imbas lebih besar, dari yang diberikan pusat selama ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments