Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati dan Wakil Turun Ke Desa Untuk Pantau Pilkades Serentak, 116.072 DPT Tentukan Nasib Desa 5 Tahun Mendatang

Bupati dan Wakil Turun Ke Desa Untuk Pantau Pilkades Serentak, 116.072 DPT Tentukan Nasib Desa 5 Tahun Mendatang

(605 Views) Desember 21, 2016 11:14 am | Published by | No comment

kunjunganSangatta – Demi memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak berjalan lancar, Pemerintah dibagi dalam dua tim dipimpin oleh bupati dan wakil turun ke TPS.

Pesta demokrasi tingkat desa terselenggara dengan aman dan damai, pada 20 Desember 2016. Pada pilkades tahap satu ini, sebanyak 77 desa dengan 116.072 daftar pemilih tetap dari 18 kecamatan, menentukan nasib desanya untuk 5 tahun kedepan.

Untuk memastikan kondisi aman di setiap desa, Bupati dan Wakil membagi tugas turun hingga ke desa. Untuk Bupati Idmunandar dan Asisten Pemerintahan Umum Syafruddin, serta staf khusus memantau pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Bengalon.

Sementara itu, Wakil Bupati yang didampingi oleh Kapolres, dandim serta Kepala BPMPD, menyambangi 9 TPS dari 5 desa di Kecamatan Sangatta Utara, Sangtta Selatan dan Teluk Pandan.

Dalam kunjungan yang dimulai sejak pukul 9 pagi tersebut, nampak animo masyarakat belum terlalu terlihat ketika di Kecamatan Sangatta Utara, lantaran masih tergolong pagi. Namun ketika telah sampai di Desa Teluk Singkama hingga Desa Kandolo, telah terlihat bahwa tingkat partisipasi masyarakat tergolong tinggi.

Menurut Wakil Bupati, Kasmidi Bulang, dengan adanya pemberian izin untuk memilih dari Instansi Pemerintah maupun Swasta, diharapkan partisipasi masyarakat di Kutai Timur untuk menggunakan hak pilihnya semakin membaik.

Insert : Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang

Menurut Wabup, dengan adanya aturan perhitungan suara di Kantor Desa, maka akan meminimalisir gesekan antas masa Paslon ditingkat TPS. Bahkan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, pihak keamanan dari TNI dan POLRI telah standbay di tiap TPS.

Menurut keterangan Kapolres Kutim, AKBP Rino Eko pihaknya telah menyiagakan lebih dari 450 personel, baik itu Dari Polres Kutim, Polresta Bontang dan Polda Kaltim. Agar semua kondusif, pihaknya menggunakan pola 1 TPS 1 anggota maupun 1 TPS 2 anggota tergantung dari banyaknya jumlah pemilih dan tingkat kerawanan.

Insert : Kapolres Kutim, AKBP Rino Eko

Pada kunjungna di Desa Kandolo, panitia telah menutup TPS dan persiapan untuk penghituagnan suara. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati mengingatkan kembali betapa pentingya persatuan, pilihan pada pilkades boleh berbeda. Namun, siapapun pemenang dari hasil demokrasi tersebut, harus didukung oleh seluruh masyarakat, maupun paslon yang tidak terpilih. Dengan kuatnya persatuan di desa, maka program 2-5 miliar yang akan digelontorkan ke desa pada 2017 mendatang, dapat benar-benar mensejahterakan masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments