Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Ajak Masyarakat Kutim Minimalkan Pemicu Kebakaran Lahan

Bupati Kutim Ajak Masyarakat Kutim Minimalkan Pemicu Kebakaran Lahan

(522 Views) Oktober 8, 2015 7:16 am | Published by | No comment
Sangatta. Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman meminta kepada masyarakat Kutai Timur untuk meminimalkan pemicu kebakaran lahan, seperti tidak sembarangan membakar sampah atau membuang puntung rokok yang masih menyala apinya ke sembarang tempat. Hal-hal kecil ini jika dilakukan maka mampu menjadi pemicu kebakaran lahan. Demikian disampaikan Ardiansyah Sulaiman usai memimpin apel siaga Tim Terpadu Bencana Kebakaran dan Kekeringan Kutai Timur, pagi tadi.
Kepada awak media, Bupati Ardiansyah menuturkan bahwa saat ini kinerja tim terpadu penanggulangan kebakaran dan kekeringan Kutai Timur sudah sangat memuaskan dan patut diacungi jempol. Mereka (Tim Terpadu.red) tanpa merasa lelah dan sangat sigap menaggapi setiap laporan masyarakat yang masuk ke call center tim terpadu jika terjadi kebakaran lahan. Namun diakuinya hingga kini sebaran titik hotspot di Kutim masih belum berkurang, hanya berganti tempat.
Lanjut Ardiansyah, melalui media massa dirinya menghimbau dan meminta kepada masyarakat untuk meminimalisir pemicu potensi kebakaran lahan. Masyarakat diminta tidak melakukan pembakaran baik sampah atau apapun yang dapat memicu asap dan kebakaran lahan. Bahkan bagi mereka yang merokok, Ardiansyah meminta agar benar-benar memastikan jika puntung rokok yang dibuang tersebut sudah mati dan tidak ada bara apinya.
Diakuinya, sistem pembakaran lahan dalam kegiatan land clearing memang merupakan hal termurah dan terefektiv dilakukan para pemilik kebun dan masyarakat serta sudah dilakukan secara turun temurun sejak dulu. Namun karena kondisi saat ini sangat tidak memungkinkan akibat kemarau panjang, maka jika melakukan pembakaran lahan bukan saja lahan milik sendiri yang habis terbakar namun juga lahan-lahan lain di sekitar miliknya. Selain itu, adanya kabut asap yang ditimbulkan akibat pembakaran lahan ini tentu menjadi polusi dan merugika banyak pihak.
(voice)
Lebih jauh Bupati Ardiansyah meminta kerjasama dan partisifasi masyarakat untuk cepat melaporkan jika terjadi kebakaran lahan melalaui call center tim terpadu. Namun yang terpenting adalah membangun kesadaran dan saling mengajak antara sesama warga untuk bersama mencegah terjadinya kebakaran lahan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments