Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Kagumi Keragaman Batu Akik Khas Kutai Timur    

Bupati Kutim Kagumi Keragaman Batu Akik Khas Kutai Timur    

(3014 Views) Juli 31, 2015 8:03 am | Published by | No comment

Sangatta. Uporia atau demam batu akik yang melanda seluruh nusantara ternyata berdampak dengan timbulnya beragam jenis batu-batuan yang diklaim sebagai jenis batuan khas yang hanya ada di sebuah daerah. Bahkan tidak ketinggalan, para pecinta batu akik asal Kutai Timur juga berupaya menampilkan berbagai batu yang dikalim menjadi ciri khas dan hanya dimiliki oleh Kutai Timur. Seperti batu akik khas Kecamatan Busang, Muara Ancalong, Muara Wahau, Kongbeng, yang didominasi jenis batu fosil meranti merah, ulin merah, raflesia dan masih banyak lagi. Bahkan Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman yang berkesempatan mengunjungi pameran dan kontes batu akik yang digelar sepanjang kegiatan Expo Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-3 tingkat Provinsi Kaltim di Kota Sangatta, Kutai Timur mengaku cukup kagum dengan kekayaan jenis batu akik khas Kutai Timur.

Batu Akik 1Menurut Ardiansyah, keaneka ragaman jenis batu-batuan yang dimiliki Kutai Timur ternyata juga cukup menjanjikan. Hal ini terlihat dari berbagai jenis batuan yang saat ini dipamerkan di Expo Teknologi Tepat Guna ini. Tinggal kedepan, bagaimana masyarakat atau komunitas pecinta batu akik ini dapat lebih mengembangkan potensi yang ada namun tetap ramah lingkungan dalam mengeksploitasi alam.

Batu AkikDirinya sendiri juga mengaku sebagai pecinta batu akik dengan mengoleksi beberap jenis batu akik dan batu mulia. Namun diakuinya, dirinya memang jarang menggunakannya. Sementara saat disinggung apakah Pemkab Kutim juga akan mewajibkan kepada jajaran PNS dan Pegawai di lingkungan Pemkab Kutim untuk menggunakan batu akik, Ardiansyah mengaku tidak akan menerapkan hal tersebut. Walaupun diakuinya di beberapa daerah seperti Kalimantan Selatan yang memang terkenal sebagai salah satu sentra batu akik , mewajibkan pegawai daerahnya menggunakan batu akik.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments