Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Minta SKPD Kutim Terkait Bantu Kerja Tim Dewan Kawasan Maloy

Bupati Kutim Minta SKPD Kutim Terkait Bantu Kerja Tim Dewan Kawasan Maloy

(555 Views) Maret 5, 2016 3:11 am | Published by | No comment

Sangatta. Bupati Kutai Timur Ismunandar, meminta kepada beberapa SKPD dan Instansi yang ada di Kutim untuk membantu kinerja dewan kawasan (DK) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batota Trans Kalimantan (MBTK). Hal ini karena target penyelesaian kawasan Maloy dan sekitarnya pada 17 Oktober 2017 dan dapat segera beroperasi. Hal ini disampaikan Ismunandar saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi KEK MBTK di ruang Meranti, Kamis (3/3) pagi. Dalam pertemuan ini juga dihadiri tim Dewan Kawasan KEK MBTK Kaltim, serta beberapa SKPD dan Instansi terkait di Kutai Timur.

Dikatakan Ismu, dalam upaya percepatan kinerja dewan kawasan KEK MBTK, dirinya meminta keterlibatan beberapa dinas dan Instansi di Kutim, diantaranya Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kutim, Dinas Tata Ruang Kutim, Dinas PU Kutim. Dinas dan Instansi ini diharapkan bisa membantu percepatan kinerja tim dewan kawasan, terutama dalam upaya penyelesian pengurusan surat-surat tanah kawasan KEK MBTK agar segera menjadi kawasan areal penggunaan lain (APL), seperti penerbitan sertifikat tanah, serta kelengkapan infrastruktur termasuk ketersediaan air dan listrik.

Lanjutnya, proses pembebasan lahan di kawasan tersebut sudah dilakukan dan pengajuan sertifikat sudah sempat dilakukan pada Agustus tahun lalu namun terhenti karena Pilkada. Sehingga saat ini baru mulai dikerjakan kembali dan diharapkan pada pekan depan, sudah ada titik terang penyelesaiannya. Sertifikat ini nantinya sebagai dasar bagi pengembang dalam investasinya, apakah akan dijadikan hak guna usaha (HGU) atau APL. Selain itu, upaya ketersediaan air dan listrik juga menjadi fokus penting. Karena jangan sampai pelabuhan sudah selesai dan pemerintah sudah menjual kavlingnya, namun ternyata belum tersedia listrik dan air.

(voice : Bupati – Percepatan Pembangunan Kawasan Maloy)

Lebih jauh dikatakan Ismunandar, hingga saat in sudah cukup banyak investor yang menyatakan kesiapannya membeli kavlingan di kawasan pelabuhan Maloy tersebut, terutama untuk pabrik CPO kepala sawit. Walaupun hingga saat ini masih seputar investor dalam negeri dan khusunya beberapa perusahaan di Sawit di Kutim yang menyatakan keinginan besarnya membeli kavling di kawasan Pelabuhan Maloy tersebut, namun Ismu optimis investor luar negeri (LN) pun kelak akan segera datang untuk menawarkan investasinya di Kutim jika kawasan pelabuhan Maloy ini telah selesai dan beroperasi.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments