Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Minta Status Kepemilikan Lahan Poros Munthe hingga Simpang Telkom Sangatta Diperjelas

Bupati Kutim Minta Status Kepemilikan Lahan Poros Munthe hingga Simpang Telkom Sangatta Diperjelas

(584 Views) Maret 30, 2016 8:27 am | Published by | No comment

Sangatta. Permasalahan berkepanjangan terhadap kepemilihan dan penggunaan lahan Jalan Yos Sudarso IV, tepatnya lahan pinggir jalan Munthe hingga Simpang Tiga Telkom Sangatta, yang diklaim merupakan milik Pemkab Kutim namun saat ini dikuasai dan dimanfatkan oleh sebagaian warga untuk bermukim dan berdagang, membuat Bupati Kutim Ismunandar angkat bicara. Dirinya meminta agar permasalahan lahan ini dapat diselesaikan namun tidak mengganggu dan menghilangkan mata pencaharian masyarakat yang kini sudah terlanjur bermukim di atas lahan seluas 8 hektar tersebut.

Dikatakan Bupati Ismunandar, dirinya sudah meminta agar Assisten Pemerintahan Kutim memimpin tim untuk menyelesaikan permasalahan lahan tersebut. Dirinya meminta agar kejelasan kepemilikan dan status lahan tersebut harus benar-benar jelas.

Karena selama ini walaupun dikatakan lahan tersebut milik Pemkab Kutim yang merupakan hibah dari PT Katim Prima Coal (KPC), tetapi di atas lahan tersebut sudah berdiri puluhan rumah dan tempat usaha milik masyarakat. Selain itu juga ada sengketa antar ahli waris dan masyarakat yang mengaku sudah membeli lahan tersebut secara sah. Sehingga jangan sampai jika pemerintah melakukan penertiban ada masyarakat yang merugi.

 Lanjutnya, jika nantinya lahan tersebut diputuskan secara sah milik Pemkab Kutim, masyarakat setempat tetap bisa menggunakan lahan tersebut namun tentunya ada retribusi atau pemasukan kepada kas daerah dari penggunaan lahan tersebut oleh masyarakat. Sementara status lahan tersebut sudah diketahui Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan tidak akan mempengaruhi pelaporan keuangan Pemkab Kutim. Bahkan bukan saja lahan di pusat perkantoran Bukit Pelangi saja yang masih ada klaim masyarakat terkait kepemilikannnya, ternyata ada juga kantor Pemkab Kutim yang berada di wilayah Kota Sangatta yang masih statusnya milik masyarakat. Hal-hal seperti inilah yang harus segera dicarikan jalan keluarnya sehingga tidak menimbulkan status hutang baru.

(Voice : Bupati Ismunandar – Lahan Munthe hingga Simpang Telkom)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments