Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati Kutim Sebut SOP Perizinan Tak Jelas Jadi Faktor Terjadinya Pungli

Bupati Kutim Sebut SOP Perizinan Tak Jelas Jadi Faktor Terjadinya Pungli

(600 Views) Oktober 26, 2016 7:11 pm | Published by | No comment

_0893572508

Sangatta. Sebagai wujud sebuah sikap mendukungan terhadap gerakan sapu bersih (Saber) pungutan liar (Pungli) yang dicanangkan Presiden Jokowi, Bupati Kutai Timur Ismunandar juga segera membentuk Satgas Pungli.

Dikatakan Bupati Ismu, nantinya Inspektorat Wilayah (Itwil) Kutim akan mengomandai Satgas Pungli ini. Bahkan posko untuk pelaporannya pun langsung disiapkan di kantor Itwil, sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan laporan atau aduan jika mengetahui adanya pungutan liar atau Pungli di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kutim.

Namun yang lebih terpenting ujar Ismu, saat ini bagaimana masyarakat lebih mengetahui prosedur standar operasional atau yang lebih dikenal dengan istilah SOP, dalam pengurusan sebuah perizinan. Seperti pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB), yang prosesnya membutuhkan waktu berapa lama dan jika ada pembiayaan harus jelas, serta kemana pengurusannya. Hal inilah yang perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Dirinya menganggap SKPD terkait masih minim melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga menyebabkan masyarakat masih banyak belum mengerti aturan baku tersebut yang menjadikan menjadi celah terjadinya pungutan liar. Termasuk hal terpenting yang harus diinformasikan kepada masyarakat bahwa segala pengurusan perizinan wajib dilakukan sendiri tanpa pihak perantara atau calo. Masyarakat terkadang enggan karena menganggap pengurusannya pasti berbelit-belit. Padahal jika mengurus sendiri akan lebih mudah dan pastinya tidak harus mengeluarkan biaya tambahan.

(Voice : Bupati – Satgas Pungli)

Lebih jauh, Ismu mengatakan bahwa dirinya akan segera melakukan pembenahan internal khususnya kepada SKPD-SKPD teknis yang bersinggungan langsung kepada masyarakat terkait perizinan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dan keikutsertaan pemerintah Kutim dalam pemberantasan mafia pungli di tingkat daerah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments