Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Bupati : Tarif Air Jangan Sampai Berat Masyarakat

Bupati : Tarif Air Jangan Sampai Berat Masyarakat

(750 Views) Agustus 8, 2017 5:28 pm | Published by | No comment


Sangatta –
Rencana kenaikan tarif air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Kabupaten Kutai Timur akhir tahun 2017. Terkait wacana tersebut, Bupati Kutai Timur, Ir.H. Ismunandar,MT menegaskan, kenaikan tarif air tersebut, jangan sampai memberatkan warga. Demikian diungkapkan Ismunandar pada  Coffe Morning, diruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi Sangatta, Senin (7/8/17).

Pada kesempatan itu, Bupati meminta PDAM dapat mensosialisasikan rencana kenaikan tarif baru tersebut dan dasar kenaikan tarif air. Agar para Camat, mensosialisasinya kepada warga yang ada diwilayahnya masing-masing. Dan yang terpenting, kenaikan tarif air jangan sampai  memberatkan warga, ujarnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Kutim, Aji Mirni Mawarni, pada kesempatan yang sama menjelaskan alasan pemberlakuan tarif baru tersebut, yaitu untuk mendukung peningkatan pelayanan di seluruh wilayah Kutai Timur di 18 Kecamatan di Kutim.

Disamping itu, kenaikan tarif tersebut, menindaklanjuti instruksi Pemerintah Pusat bahwa PDAM, selain menggerakkan aspek sosial juga dituntut profit. Untuk itulah PDAM Kutai Timur, akan melakukan kenaikan tarif air. Dengan harapan operasional, distribusi dan pelayanan kepada masyarakat semakin lancar. Paling penting, kedepan PDAM bisa berjalan tanpa bergantung pada subsidi dari Pemerintah Daerah.

Lebih jauh, Mawar mengungkapkan, biaya operasional PDAM di Kutai Timur tinggi, karena berdasakan luas wilayah dan geografis. Dimana warga desa terpencar jauh. Tetapi dia menjamin, harga air PDAM  tetap lebih murah, jika dibandingkan warga membeli air tandon. Bahkan sepuluh kali lipat, lebih murah jika harus membeli air tandon.

Dia mencontohkan,  Perbandingan warga membeli air tandon 1200 liter seharga Rp 60 – Rp 70 ribu, kalau air PDAM cukup Rp 5000 untuk satu M3 (meter kubik) atau setara 1000 liter.

Dia menambahkan, untuk mensosialisasikan kenaikan tarif air, PDAM Kutim  bekerjasama dengan media cetak maupun elektronik, melalui pamflet. Khusus di Kecamatan, PDAM telah menyerahkan pada Kepala Unit dan Kepala Cabang, mereka sudah bergerak door to door, terangnya.

Voice Report : Reporter Wak Hedir

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x