Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Calon Jemaah Haji Kutim Ikuti Tes Rockport

Calon Jemaah Haji Kutim Ikuti Tes Rockport

(2041 Views) Juli 11, 2017 5:11 pm | Published by | 133 Comments

Sangatta – Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kutai Timur mengikuti tes kebugaran Rockport yang di gelar Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur bersama dengan Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur di halaman Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, Selasa, 11 Juli. Tes kebugaran tersebut dimaksudkan untuk mengukur ketahanan tubuh dan kesehatan para calon Jemaah haji sebelum diberangkatkan menunaikan ibadah haji. Dibuka oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Kutai Timur, Irawansyah, tes kebugaran tersebut diikuti oleh seratus enam puluh satu Calhaj.

Dalam tes tersebut Calhaj diwajibkan mengisi beberapa pertanyaan seputar riwayat kesehatan Calhaj, yang dilanjutkan dengan berbagai pemeriksanaan kesehatan seperti pemeriksaan darah dan kolesterol, setelah pemeriksaan tersebut dokter akan memberikan rekomendasi apakah calon Jemaah haji dapat mengikuti tes selanjutnya yakni tes berjalan dan berlari sepanjang satu koma enam meter sesuai dengan kemampuan masing-masing, panjang lintasan satu koma enam meter tersebut disesuaikan dengan lintasan yang akan dilalui calhaj saat melaksanakan ibadah di tanah suci. Nantinya hasil dari tes tersebut akan menjadi ukuran kebugaran setiap Jemaah haji.

Menurut Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Siti Rohana yang hadir dalam tes kebugaran tersebut mengatakan, kedepannya tes kebugaran menjadi salah satu tes yang wajib dilakukan oleh para calhaj. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakah calhaj layak atau tidak layak untuk melaksanakan ibadah haji yang membutuhkan ketahanan tubuh yang kuat untuk menjalankan Ibadah. Selain itu diharapkan Calhaj dapat pulang kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat.

Kedepannya Tes kebugaran akan dilakukan secara bertahap dua tahun sebelum keberangkatan , jika dalam tes tersebut didapati hasil Calhaj tidak bugar, maka calon Jemaah haji akan dilakukan pendampingan terlebih dahulu dari petugas kesehatan, agar calhaj dapat memiliki tubuh yang bugar sebelum melaksanakan ibadah haji.

voice ; khusnul khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

133 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments