Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Camat Bengalon Sebut Permasalahan Warga Simpang Perdau Bengalon Belum Clear

Camat Bengalon Sebut Permasalahan Warga Simpang Perdau Bengalon Belum Clear

(1635 Views) November 2, 2016 5:28 pm | Published by | No comment

simpang-perdau1

Sangatta. Camat Bengalon, Rudi Baswan mengatakan bahwa ada dua hal yang menjadi permasalahan bagi masyarakat simpang 3 Perdau, Kecamatan Bengalon. Akibat pengalihan jalur simpang perdau tersebut, tidak hanya permasalahan mata pencaharian warga yang bermukim dan mencari nafkah dengan berdagang sekitar pemukiman yang kemudian mati total, akan tetapi termasuk permasalahan ganti rugi lahan warga.

Dikatakan, pengalihan jalur lama simpang 3 Perdau tersebut memang sudah mendapatkan persetujuan dari Dinas PU Provinsi Kaltim. Hal ini karena area tersebut masuk dalam wilayah konsesi pit B milik PT KPC. Namun akibat pengalihan jalan tersebut yang kemudian menimbulkan dampak berbagai permasalahan sosial yang kompleks pada warga yang sudah lama bermukim di sepanjang jalur Perdau Bengalon – Muara Wahau ini. Baik dalam hal usaha dan kehidupan masyarakat. Dampak inilah yang kemudian harus ditangani bersama antara pemerintah dan pihak KPC, dengan mencari jalan keluar.

Lanjut Rudi, permasalahan mata pencaharian warga yang hilang akibat ditutupnya jalur tersebut sebenarnya masih dicarikan solusi, apakah adanya bantuan dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau dengan melakukan program relokasi warga. Sementara, terkait permasalahan lahan yang masuk dalam wilayah konsesi pertambangan, apakah ada ganti rugi lahan dari pihak KPC. Hal ini lah yang hingga kini masih terus dirumuskan dan belum menemui titik temu antara pihak perusahaan PT KPC, Pemerintah Kecamatan Bengalon dan warga simpang Perdau.

(Voice : Camat Rudi Baswan – Permasalahan Simpang Perdau)

Lebih jauh, Rudi Baswan berharap permasalahan ini dapat diambil alih oleh pemerintah Kutim untuk bisa segera dicarikan jalan keluar. Hal ini untuk mencegah dampak sosial yang kemudian ditimbulkan dari permasalahan ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments