Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Camat Muara Bengkal Berharap Dishub Kutim Bangun Kantor ASDF di Dermaga Muara Bengkal

Camat Muara Bengkal Berharap Dishub Kutim Bangun Kantor ASDF di Dermaga Muara Bengkal

(642 Views) Mei 27, 2015 8:37 am | Published by | No comment

Sangatta. Camat Muara Bengkal, Aswandi, berharap Pemkab Kutim melalui Dinas Perhubungan Kutai Timur dapat melakukan pembenahan terhadap Dermaga Kecamatan Muara Bengkal yang merupakan pelabuhan sungai masyarakat Muara Bengkal. Hal ini disampaikan Aswandi usai peresmian dermaga kecamatan Muara Bengkal, Selasa (26/5) yang dilakukan oleh Plt Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman.

Menurut Aswandi, dermaga yang 8 x 10 meter ini melayani kapal-kapal motor yang melintasi Sungai Kelinjau untuk ke Samarinda. Namun demi kenyamanan dan keselamatan, perlunya tambah jembatan apung agar saat debit air sungai kelinjau meninggi maka kapal dapat mudah merapat dan saat air surut, penumpang kapal tetap bisa naik ke dermaga. Selain melayani kapal penumpang atau masyarakat yang ingin menuju Samarinda dan sebaliknya, pelabuhan ini juga menjadi persinggahan bagi kapal-kapal pengangkut minyak sawit atau CPO yang dikirim ke Samarinda.

Sehingga jika dinilai dari segi ekonomi, pelabuhan atau dermaga rakyat ini sangat memberikan mamfaat dan nilai ekonomis bagi kesejahteraan masyarakat Muara Bengkal dan sekitarnya. Diakuinya, memang sejak dermaga ini dioperasikan pada akhir tahun lalu, pihaknya belum bisa melakukan pungutan retribusi karena dermaga ini belum memiliki pengelola resmi atau tidak memiliki petugas Angkutan Sungai Danau dan Feri (ASDF). Karena itu ke depan, dirinya berharap Pemkab Kutim melalui Dinas Perhubungan Kutim dapat membangun kantor ASDF serta menempatkan petugasnya agar pengoperasian pelabuhan rakyat ini dapat lebih maksimal dan dapat memberikan pemasukan asli daerah (PAD) melalu retribusi kepada Kecamatan dan Daerah.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments