Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » CEGAH ASAP, POLRES KUTIM GELAR SOSIALISASI KEBAKARAN LAHAN

CEGAH ASAP, POLRES KUTIM GELAR SOSIALISASI KEBAKARAN LAHAN

(689 Views) Oktober 29, 2015 7:13 am | Published by | No comment

SANGATTA– Sebagai bentuk keprihatinan pihak kepolisian terhadap kabut asap di Kabupaten Kutai Timur Polres Kabupaten Kutai Timur gelar sosialisasi pencegahan kebakaran hutan. Sosialisasi ini berlangsung di Simpang 3 Jln. Wahab Syahrani Pos Polisi pada jam 9 pagi tadi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Anang Triwidiandoko dan menurunkan 100 porsenil polisi. Sosialisasi ini berlangsung di setiap titik rawan kebakaran seperti daerah Sangatta Selatan dan kenyamukan, bersifat himbauan untuk pencegahan pembakaran hutan namun bila ditemukan pelaku pembakaran tetap langsung ditindak. Sampai saat ini sudah ada 3 laporan polisi dan 2 tersangka sudah diproses.

Sanksi pidana untuk pembakaran lahan adalah, Undang Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutananan, setiap orang dilarang melakukan pembakaran hutan dengan ancaman pidana Pasal 78 Ayat (3) hukuman penjara 15 tahun denda maksimal Rp. 5 Milyar dan Pasal 78 ayat (4) hukuman penjara 5 tahun dan denda maksimal Rp. 1,5 Milyar. Undang undang Nomor 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan Pasal 8 Ayat (1) Bila sengaja membuka lahan dengan cara pembakaran pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 10 Milyar. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Pasal 108 Melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar diancam pidana penjara minimal 3 tahun/ maksimal 10 tahun dan denda 3 atau 10 milyar, Pasal 187 KUHP barang siapa dengan sengaja melakukan pembakaran hutan diancam dengan pidana penjara selama 12 tahun.

Menurut Kapolres, Anang Triwidiandoko, kegiatan ini untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungannya, untuk saling mengingatkan dan tidak membakar lahan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments