Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » CEGAH RADIKALISME DENGAN TANAMKAN PEMAHAMAN TERHADAP PANCASILA

CEGAH RADIKALISME DENGAN TANAMKAN PEMAHAMAN TERHADAP PANCASILA

(425 Views) Mei 25, 2016 7:49 am | Published by | No comment

SANGATTA – Berbagai tindakan radikalisme saat ini sering terjadi di Indonesia. Radikalisme adalah sekelompok orang yang menginginkan perubahan dan pembaruan social politik secara dratis dengan menggunakan cara-cara kekerasan untuk melawan pemerintah, hal tersebut sering dilakukan dengan aksi terorisme.

Berbagai cara dilakukan untuk mencegah dan memerangi radikalisme, diantaranya dengan pemberian sosialisasi Dasar-Dasar Negara kepada tokoh masyarakat dan tokoh pendidikan termasuk yang dilakukan di Kabupaten Kutai Timur. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kembali kecintaan terhadap bangsa dan Negara. Rendahnya pemahaman terhadap pancasila sebagai dasar Negara menjadi salah satu sebab tindakan-tindakan radikalisme terjadi. Meskipun tindakan radikalisme belum pernah terjadi di Kabupaten Kutai Timur namun Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) melakukan sosialisasi Peningkatan Pemahaman Pancasila sebagai dasar Negara.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala BIN Kaltim Gatot Eko Puruhito yang menjadi salah satu narasumber mengatakan, dari segi geografi kutim sangat luas dan masyarakatnya sangat menerima menerima apabilla ada pendatang, otomatis di Kutai Timur berpotensi untuk terjadinya radikalisme dan terorisme. Meskipun kegiatan radikalisme tersebut tidak terjadi di Kutai Timur, namun masyarakat kutai timur berpotensi untuk direkrut bergabung dalam kelompok tersebut.

Dari segi geografis Kutai Timur memiliki wilayah yang luas sehingga berpotensi digunakan untuk kegiatan kelompok radikal selain hal tersebut Kutim memiliki sumber daya alam yang melimpah sehingga tidak menutup kemungkinan dijadikan target kelompok terror. Antisipasi terhadap hal tersebut menjadi penting dilakukan di Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments