Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Daftar Sekarang, 23 Tahun Kedepan Baru Bisa Naik Haji     

Daftar Sekarang, 23 Tahun Kedepan Baru Bisa Naik Haji     

(525 Views) Agustus 4, 2015 9:00 am | Published by | No comment

Sangatta. Musim haji telah tiba, ribuan umat Muslim yang datang dari seluruh penjuru dunia akan memadati Masjidil Harram Makkah untuk melaksanakan rukun islam ke 5 yakni menunaikan ibadah haji. Dari tahun ke tahun dipastikan terjadi peningkatan jumlah pendaftar calon jamaah haji.

Untuk Kabupaten Kutai Timur sendiri, diketahui hampir 3000 pendaftar calon jamaah haji yang sudah masuk dalam daftar tunggu. Bahkan yang lebih mengejutkan, jika anda mendaftar saat ini maka diperkirakan anda baru bisa berangkat untuk menunaikan ibadah haji 23 tahun kedepan. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementrian Agama Kutai Timur Fahmi Rasyad, yang didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Abdul Majid.

Dijelaskan, perhitungan ini didapatkan dari hasil pembagian jumlah daftar tunggu calon jamaah haji Kutai Timur dengan jumlah kuota calon haji Kutim tiap tahunnya yakni 133 orang yang diberikan Kementrian Agama Pusat. Yang masih menjadi alasan utama adalah belum maksimalnya daya tampung masjidil Harram Makkah akibat adanya proyek pembangunan sera rehab Masjidil Harram tersebut dan proyek ini diperkirakan baru tuntas pada 2017 mendatang.

(voice)

Sementara untuk ongkos naik haji (ONH) reguler tahun ini, Abdul Majid mengatakan mengalami penurunan menjadi Rp39 juta dari tahun lalu sebesar Rp46 juta. Namun nilai ONH ini tentunya bergerak fluktuativ seiring pergerakan nilai tukar dolar terhadap rupiah. Sehingga jika calon jamaah haji membayar pada akhir bulan dan saat nilai tukar rupiah melemah maka ONH bisa mencapai Rp41 juta. . Sedangkan ONH plus yang menjadi alternatif calon jamaah haji untuk bisa memperpendek waktu tunggunya agar bisa segera menunaikan ibadah haji berada dikisaran Rp90 juta hingga Rp100 juta lebih. Hal ini tergantung serba-serbi  fasilitas yang disediakan oleh agen penyelenggara perjalanan ibadah haji plus ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments