Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Daftarkan Jaminan Sosial Anak Sejak Dalam Kandungan

Daftarkan Jaminan Sosial Anak Sejak Dalam Kandungan

(458 Views) Juli 15, 2016 12:35 am | Published by | No comment

Sangatta. Bagi para orang tua khususnya mereka yang terdaftar sebagai peserta Badan Pelayanan Jaminan  Sosial (BPJS) mandiri, tidak perlu pusing lagi jika sang istri tengah mengandung calon buah hati. Karena melalui layanan BPJS, bayi yang kelak dilahirkan bisa langsung memiliki jaminan kesehatan BPJS. Demikian diaungkapkan Kepala Operasional Pelayanan BPJS Kutim Nurlia Afyanti.

Dikatakan, selama ini banyak masyarakat yang tidak faham sistem kerja BPJS terutama bagi orang tua atau ibu yang tengah hamil. Mereka yang telah terdaftar sebagai peserta mandiri terkadang tidak mendaftarkan bayi dalam kandungannya sebagai peserta BPJS. Sehingga saat sang bayi dilahirkan dan ternyata harus dirawat di rumah sakit, maka orang tua terpaksa merogoh kocek pribadi untuk membiayai perawatan bayi tersebut.  Padahal jika sebelum bayi tersebut dilahirkan sudah terlebih dahulu didaftarkan sebagai peserta BPJS, maka jika sang bayi sakit nantinya orang tua tidak perlu repot untuk membiayai perawatannya.

Lanjut Nurlia, memang informasi terkait pendaftaran bayi sejak dalam kandungan sebagai peserta BPJS ini belum terlalu memasyarakat, terutama bagi penduduk yang berada di kecamatan yang jauh dari Sangatta. Sehingga saat melahirkan mereka baru ke Sangatta dan saat bayi mereka dirawat karena sakit, barulah para orangtua mendaftarkan bayi mereka sebagai peserta BPJS. Namun tentu terkendala dengan aktifasi jaminan yang harus menunggu selama 14 hari setelah pembayaran premi atau angsur. Sehingga terpaksa tetap harus mengeluarkan biaya.

(Voice : BPJS Lia – Daftarkan Bayi dari dalam kandung)

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments