Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dana Peduli Anak Yatim Dibagi Untuk 250 Orang, Hingga Panti Asuhan

Dana Peduli Anak Yatim Dibagi Untuk 250 Orang, Hingga Panti Asuhan

(469 Views) November 25, 2015 12:04 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Memberikan santunan terhadap anak yatim merupakan bagian dari nilai ibadah yang utama. Khususnya bagi orang-orang yang memiliki penghasilan dan harta berlebih. Selain itu memberi santunan untuk anak yatim akan semakin meningkatkan amalan ibadah didalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Rasullullah Muhammad SAW.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Umum Syafruddin mewakili Bupati Kutai Timur (Kutim) saat penyerahan dana “Peduli Anak Yatim” di Masjid Agung, Komplek Islamic Center, Bukit Pelangi, Sangatta belum lama ini. Syafruddin menjelaskan orang yang menyantuni anak yatim didunia insyaallah akan menempati kedudukan yang tinggi, di surga dan dekat dengan Rasulullah SAW. Menurut dia, pengumpulan dana dimaksud melalui sedekah jamaah masjid dan masyarakat merupakan gagasan bagus.

“Karena (bantuan) ini termasuk yang di amanatkan didalam Alquran. Demi kebersamaan kami harapkan kepada anak-anak (yatim) sabar didalam menjalani kehidupan ini. Rajin belajar supaya bisa menjadi orang yang berguna bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara serta pemerintah daerah,” harap Sape, sapaan akrab Syafruddin.

Mantan Kabag Pemerintahan ini berharap, bantuan yang diberikan kepada para yatim dapat di tabung atau digunakan untuk keperluan membeli perlengkapan sekolah. Seperti belanja alat tulis, pakaian, tas dan sepatu. Dia tidak menyarankan dana bantuan dimaksud digunakan untuk hal-hal yang tidak bermamfaat. Untuk itu, katanya, gunakan bantuan dengan sebaik-baiknya untuk sesuatu yang berguna.

Ditambahkan oleh Haryono, petugas pengelola bantuan dari kotak amal khusus “Peduli Anak Yatim”, bahwa bantuan datang dari sumbangan para dermawan. Biasanya para penyumbang memasukkan rupiah usai beribadah ataupun beraktifitas di Masjid Agung.

“Kotak amal ini sudah disiapkan beberapa tahun yang lalu. Kini saatnya pengurus Masjid Agung membuka dan mendistribusikan secara langsung ke anak-anak yatim yang berhak menerima,” jelas Haryono.

Ide pengumpulan dana dimaksud adalah karena banyaknya koin atau uang recehan pecahan kecil yang biasa dibiarkan saja. Daripada tidak bermanfaat, masyarakat diajak untuk mengumpulkan koin dimaksud, untuk selanjutnya disumbangkan ke kotak amal khusus anak yatim. Jika ilihat dari nominalnya memang kecil, tapi keihlasan serta kedermawanan yang diberikan tentunya akan diperhitungkan oleh Allah SWT.

Dia mengatakan ada sekitar 250 anak yatim yang mendapat bantuan dari dana tersebut. Penerima dana “Peduli Anak Yatim” berasal dari RT 9 dan RT 40 Bukit Pelangi, Jembatan Pinang, Km 3 dan 4 jalan poros Sangatta-Bontang, Jalan A Wahab Syahranie (Pendidikan), Gang Banjar, Jalan Syech Yusup, Gang Baru, Gang Merpati. Beriktnya anak yatim dari Jalan Karya Etam, Gang Beringin, Silva Duta Jalan I A Muis RT 07, Gang H Syahrul, juga dari Jalan Diponegoro, APT Pranoto, Gang Sidrap, Gang Guna Jaya. Selain itu anak-anak dari panti Asuhan juga hadir. Seperti dari Darul Khairat, Panti Asuhan Ibnu Sina, Panti Asuhan Hubbul Wathon serta Panti Asuhan Istiqomah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments